Otoinfo.id
Sign In
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Notification
HondaInfo

Astra Motor Yogyakarta Resmikan New Honda ADV160 dengan Teknologi Canggih Honda RoadSync — Skutik Petualang Premium yang Siap Taklukkan Jalanan!

HeadlineRacing

Perdana Tampil, F1ZR AG Style Gold Family Pecah Telur di Black Drag Bike 2025 Purwokerto

HeadlineRacing

Robby Sakera Bangkit di Race 2 ARRC Malaysia, Amankan Podium Kedua Kelas AP250

HeadlineRacing

Alfi Husni Juara Asia UB150 ARRC 2025, MCR Racing Parts sebagai Pendukung Performa!

Font ResizerAa
Otoinfo.idOtoinfo.id
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Search
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Sign In Sign In
Follow US
Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Otoinfo.id > Blog > Info > Yamaha Guncang Dunia Balap dengan Mesin V4! Siap Hadirkan Kejutan Besar di Era 850cc!
InfoProductYamaha

Yamaha Guncang Dunia Balap dengan Mesin V4! Siap Hadirkan Kejutan Besar di Era 850cc!

Dhimas Cipta
Last updated: 11/11/2024 09:46
By Dhimas Cipta
3 Min Read
Yamaha Guncang Dunia Balap dengan Mesin V4! Siap Hadirkan Kejutan Besar di Era 850cc!
SHARE

Otoinfo.id – Yamaha, yang saat ini masih mengandalkan mesin inline-4 untuk motor balap mereka, berencana untuk memperkenalkan mesin baru dengan konfigurasi V4 menjelang era baru 850cc. Mesin inline-4 dengan Crossplane crankshaft yang digunakan Yamaha saat ini memiliki karakteristik pembakaran yang mirip dengan mesin V4, namun dengan dimensi yang lebih besar. Hal ini menyebabkan mesin inline-4 memiliki gaya inersia yang lebih tinggi karena lebar dimensi mesinnya. Lalu, apa yang mendasari perubahan ini?

Contents
  • About The Author
    • Dhimas Cipta

Max Bartolini, Direktur Teknis Yamaha Motor Racing, memberikan penjelasan menarik mengenai hal tersebut dalam wawancara terbaru. Menurut Bartolini, banyak orang hanya fokus pada mesin V4 itu sendiri, namun keuntungan utama dari penggunaan mesin ini justru terletak pada tata letak motor, bukan hanya pada mesinnya. Ia menjelaskan, “Dalam hal tenaga murni, sejujurnya, menurut tim mesin kami, seharusnya tidak ada perbedaan besar antara mesin V4 dan inline-4.”

Namun, meskipun perbedaan tenaga mungkin tidak signifikan, tata letak mesin V4 menawarkan keuntungan lain. Salah satunya adalah dalam pengelolaan tata letak motor yang dapat membuat pekerjaan ban sedikit lebih mudah. Bartolini menambahkan, “Yang terpenting adalah membuat ban bekerja dengan baik, dan tata letak mesin V4 bisa membantu dalam hal ini. Yamaha cukup berpengalaman dengan Bridgestone, dan tentunya juga memiliki banyak balapan sukses dengan Michelin, meskipun Michelin lebih banyak mempengaruhi ban belakang daripada ban depan. Di sinilah tata letak mesin V4 dapat berkontribusi, dengan membangun motor yang lebih berfokus pada ban belakang.”

Selain itu, ada juga keuntungan aerodinamis yang signifikan dari mesin V4. Dengan mesin V4, motor dapat lebih ramping hingga 10 hingga 15 sentimeter, yang jelas akan sangat membantu dalam desain aerodinamika. Distribusi berat pada motor juga akan sedikit lebih mundur, yang dapat membuat motor lebih mudah dikendalikan.

Secara keseluruhan, perubahan ke mesin V4 menawarkan dua keuntungan besar: desain yang lebih ramping dan distribusi berat yang lebih baik. Mesin V4 juga cenderung lebih ringan dibandingkan mesin inline-4, yang semakin mengarah ke potensi keuntungan dalam hal performa dan pengendalian. Namun, Bartolini mengingatkan, meskipun banyak hal yang menjanjikan, bukan berarti mesin V4 akan langsung lebih cepat. Yamaha masih perlu membuktikan bahwa motor dengan mesin V4 ini benar-benar lebih unggul dibandingkan dengan motor yang menggunakan mesin inline-4 saat ini.

Dengan semua faktor ini, Yamaha yakin bahwa perubahan menuju mesin V4 bisa menjadi langkah yang sangat menguntungkan untuk masa depan motor balap mereka, terutama menjelang era baru 850cc yang semakin mendekat.

About The Author

Dhimas Cipta

See author's posts

Join Our Newsletter
Subscribe to our newsletter to get our newest articles instantly!
[mc4wp_form]
TAGGED:balapBalap MotoGPCrossplane CrankshaftDesain MotorEra 850ccInovasi TeknologiKejutan Yamahamesin motorMesin Motor V4mesin v4motogpMotor BalapPerforma MotorTeknologi BalapYamahaYamaha Racing
Share This Article
Facebook Email Copy Link

You Might Also Like

HeadlineProduct

Tedy Permana Ungkap Busi Brisk Bisa Bikin Power Naik!

By otoinfo
17/09/2020
Rahasia Kesuksesan Honda PCX 160 Terungkap 4 Kelebihan Mewah yang Bikin Pecinta Motor Makin Terpesona
Product

Rahasia Kesuksesan Honda PCX 160 Terungkap! 4 Kelebihan Mewah yang Bikin Pecinta Motor Makin Terpesona!

By Isdiyanti
03/03/2024
Suzuki Swift 2024, Ternyata Dua Varian, Ini Harga, dan Spesifikasinya..!!!
Info

Suzuki Swift 2024, Ternyata Dua Varian, Ini Harga, dan Spesifikasinya..!!!

By Rifqi Fauzan
15/11/2023
Kok Bisa Suzuki Ertiga Hybrid Lebih Terjangkau dari Toyota Avanza Ini Alasannya
Product

Suzuki Ertiga Hybrid Lebih Terjangkau dari Toyota Avanza? Ini Alasannya

By Oktavian Khairul
25/11/2023
HeadlineInfo

Yamaha Indonesia Ulurkan Bantuan untuk Korban Tsunami Selat Sunda

By otoinfo
06/01/2019
Honda CB1000 Type X Siap Tantang Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki dengan Kejutan Terbaru!
HondaProduct

Honda CB1000 Type X: Siap Tantang Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki dengan Kejutan Terbaru!

By Isdiyanti
07/03/2024

Foxiz Car

Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Don't not sell my personal information
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?

Forget Password