

Otoinfo.id – Robby Ganie selaku Quality Control produk part aksesoris RCB asal Malaysia ini memilih nama Bonsai Style untuk modifikasi Yamaha Jupiter Z lansiean 2005. Alasan memilih itu karena ingin gambaran modifikasi kuda besi ini tampil unik dan nyentrik.



Aura yang terdapat pada gaya retro namun mini ini tetap garang layaknya ukuran normal pada umumnya. Apalagi sudah hamper 90 persen bodi motor ini dirombak olehnya. Robby Gannie juga berkata kalau part yang dipakainya adalah RCB, yang notabene plug and play. Makannya Robby meng-custom bodinya agar ada tantangan dan kesulitan saat membangun sebuah motor.


Baca Juga : Lebih Safety dan Fashionable, Berikut Keunggulan serta Fitur Master Brake System RCB S1!
Bonsai Style Mini Custom
Nama bonsai sendiri identik dengan tanaman-tanaman yang dimungilkan di Jepang sana. Robby menerapkannya pada basic motornya yakni Yamaha Jupiter Z 2005. Dengan basic tersebut, Robby merubah tampilan aslinya. Frame rangka depan hanya dipangkasi semua oleh Robby 7 cm saja. Untuk subframenya juga sudah dicustom dengan menggunakan pipa stainless diameter 26mm ketebalan 2mm. Ukuran subframenya sudah dihitung matang oleh Robby, untuk mendapatkan tinggi motor yang ia inginkan.
Bicara soal retro custom, ditekankan pada tampilan stylenya karena beberapa part yang terpasang. Seperti stang yang dicusrom oleh Robby, dibuat menjuntai ke atas menggunakan pipa stainless diameter 25mm.
Baca Juga : Velg RCB SP522 Kasih Bukti, Kuasai YCR Seri 1 Kelas Tertinggi!
Kaki Bomber Nyaman Pakai Sok RCB
Kaki-kaki pada Bonsai Style ini dibuat bomber oleh Robby, kesulitan pada kaki-kaki ini cukup tinggi. Swing armnya pakai punya Kawasaki Kaze, namun harus dipangkas 90mm. Dan velg yang dipakai ternyata punya Yamaha Nmax. Dipilihnya karena ukuran velg yang dirasa cocok karena mempunyai ukuran 3.00/13 untuk depan, 3.50/13 untuk belakangnya.
Nah, untuk sok depannya masih pakai bawaan Jupiter Z, cuman diganti as soknya saja milik Satria FU yang dipendekkan 5 cm. Untuk sok belakangnya pakai RCB Type RB2 dan dibuat miring hingga 38 derajat. Tujuannya agar nyaman dikendarai.
Baca Juga : Footrest RCB S2 Series Beri Kenyamanan Saat Berkendara, Harga?
Detailing dan Finishing Mirip Pabrikan.
Detailing dan finishingnya mantap dan tidak diragukan. Robby memang bisa dibilang modifikator kawakan. Jadi, masa;ah detailing dan finishingnya dibikin semaksimal mungkin. Pada bagian bawah Robby pilih warna senada hitam dengan proses EDP (Elektronik Diposision Painting). System paintingnya ini, biasa disebut cat celup, dengan kelebihannya yaitu tahan panas hingga 140 derajat dan anti gores.
Body utamanya disemprot cat candy warna biru sebagau identitas warna api biru kebanggaan pabrikan Jupiter Z yakni Yamaha. Jadi, motor ini mirip pabrikan kan.
Untuk jantung pacunya, Robby juga detailing dengan disandblast sampai terlihat bersih. “Biasanya adakan motor kontes yang hanya berdiri seperti patung, artinya motor tadi tidak layak jalan atau mesinya tidak nyala. Itu saya kurang suka, maka setiap kontes seharusnya dilakukan cek jalan dulu,” ucap Robby.
Dan untuk power mesinnya, Robby memakai karburator UMA 28mm, dilengkapi CDI UMA type IMC digital untuk seting pengapiannya. Ditambah box hawa pernafasan mesin menggunakan tangka bbm bekas mesin potong rumput. Aji