Otoinfo.id – Yamaha resmi meluncurkan MT-09 sebagai produk pertama yang menggunakan teknologi transmisi matik Y-AMT. Yamaha MT-09 Y-AMT ini dikembangkan dengan platform MT-09 yang telah dikenal, ditambah dengan teknologi transmisi baru dari Yamaha. Motor ini menampilkan mesin tiga silinder 890cc CP3 yang sangat diakui seperti pada MT-09 yang baru diluncurkan. MT-09 Y-AMT menjadi motor pertama yang mengusung Transmisi Manual-Otomatis dari Yamaha.
MT-09 Y-AMT tetap mempertahankan semua kualitas yang membuat MT-09 menjadi pemimpin di kelasnya. Motor ini menggabungkan penanganan tangkas dan performa penuh semangat dari mesin standar dengan sistem transmisi yang memungkinkan pengendara untuk memilih antara transmisi manual yang dioperasikan dengan jari, atau kenyamanan penuh dari pergantian gigi otomatis.
Operasi kopling dan perpindahan gigi pada MT-09 Y-AMT digerakkan oleh motor listrik, menghilangkan kebutuhan akan tuas kopling tradisional dan pemindah gigi yang dioperasikan dengan kaki. Hal ini memungkinkan pengendara untuk lebih fokus pada pengalaman berkendara.
Transmisi manual (MT) pada MT-09 Y-AMT menawarkan cara baru untuk merasakan sensasi motor CP3 Yamaha. Dengan menggunakan tangan, yang memiliki koneksi lebih dekat dan halus ke otak dibandingkan dengan kaki, perpindahan gigi menjadi lebih cepat dan membutuhkan lebih sedikit waktu berpikir. Ini memungkinkan pengendara untuk lebih fokus pada penggunaan throttle, rem, sudut kemiringan, posisi tubuh, dan tingkat cengkeraman ban, terutama saat menikung.
MT-09 Y-AMT dirancang dengan gaya berkendara yang sporty, memungkinkan perubahan gigi yang lebih cepat dan konsisten seiring dengan upaya pengendara untuk memaksimalkan performa. Pergantian gigi diaktifkan melalui saklar jungkat-jungkit yang ditempatkan dengan nyaman di ujung jari kiri pengendara. Pengendara dapat menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menaikkan gigi dengan tuas plus, dan menurunkan gigi dengan tuas minus, atau memilih pengoperasian satu jari untuk berkendara yang lebih sporty.
Tanpa kopling yang dioperasikan, pengendara dapat lebih mudah mengatur waktu perpindahan gigi sambil fokus pada jalur dan kontrol lainnya. Tanpa pedal shift tradisional, pengendara juga lebih mampu memposisikan tubuh bagian bawah mereka saat berbelok, memberikan rasa stabilitas yang sangat baik dan menciptakan koneksi yang lebih meyakinkan dengan motor.
Saat berhenti dan kecepatan rendah, sistem Y-AMT mengontrol operasi kopling dan girboks sehingga motor lebih mudah dikendalikan saat bergerak, bermanuver, dan dalam lalu lintas padat. Sistem ini sepenuhnya mengambil alih fungsi perpindahan gigi saat berada di salah satu dari dua mode AT, namun dapat diganti menggunakan tuas.
Mode D+ mengeluarkan karakter motor CP3 yang terkenal, mempertahankan putaran lebih tinggi lebih lama saat berpindah naik dan turun melalui transmisi enam kecepatan. Sebagai alternatif, mode D menawarkan perpindahan gigi otomatis yang lebih lembut dan percaya diri, ideal untuk pengendaraan di kecepatan rendah dan perkotaan, serta saat berkendara santai.
Jika gearbox otomatis generasi sebelumnya hanya menawarkan kenyamanan dan kemudahan, Y-AMT meningkatkan torsi dan kelincahan MT-09, memberikan pengalaman berkendara yang lebih menarik. Beralih antara mode MT dan AT sangat mudah dan dapat dilakukan saat bepergian dengan mengaktifkan tombol di switchgear sebelah kanan, memungkinkan pengendara untuk mengubah sifat MT-09 Y-AMT dalam sekejap.
Yamaha MT-09 Y-AMT menghadirkan revolusi dalam dunia motor sport dengan teknologi transmisi matik yang inovatif, menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih seru dan fleksibel bagi pengendara.