Otoinfo – Yamaha Nmax 2024 varian Turbo hadir dengan fitur unggulan yaitu Yamaha Electronic Continuous Variable Transmission (YECVT). Fitur ini dikendalikan melalui tombol Y-Shift yang terletak di setang, yang diklaim dapat meningkatkan akselerasi.
Namun, apakah teknologi yang mengatur rasio CVT secara elektronik ini benar-benar membuat Nmax lebih kencang? Technical & Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan bahwa fitur YECVT yang sering disebut sebagai turbo ini sebenarnya hanya menambah torsi.
Pengendara akan merasakan peningkatan torsi ini terutama saat putaran mesin (revolutions per minute/rpm) naik dengan cepat. Cara kerja Y-Shift dijelaskan oleh Ferry, yakni dengan mengubah rasio pulley pada CVT.
Hal ini membuat pengendara seolah-olah mendapatkan tambahan torsi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan akselerasi dan kecepatan. Saat tombol Y-Shift diaktifkan, pengendara tetap perlu memutar tuas gas terlebih dahulu untuk mendapatkan torsi tambahan tersebut.
Jadi, mengaktifkan Y-Shift tidak serta-merta membuat pengendara memperoleh top speed yang lebih tinggi. Fitur ini hanya memberikan kesempatan untuk menambah torsi sehingga akselerasi bisa lebih cepat. Ferry menyebutkan bahwa top speed Nmax Turbo 2024 saat pengetesan mencapai 120 kilometer per jam.
Meskipun fitur Y-Shift tidak menambah kecepatan tertinggi secara langsung, fitur ini sangat berguna saat pengendara ingin menyalip kendaraan lain atau melewati jalan menanjak, karena torsi tambahan dapat dirasakan secara instan.
Selain itu, Y-Shift juga memiliki fungsi deselerasi. Pada kontur jalan yang menurun, fitur ini bisa menjadi opsi untuk memperlambat kendaraan tanpa terlalu mengandalkan rem. Y-Shift memiliki tiga tingkatan yang memungkinkan pengguna menyesuaikan level akselerasi dan deselerasi sesuai kebutuhan.
Dengan fitur-fitur canggih ini, Yamaha Nmax 2024 varian Turbo memberikan pengalaman berkendara yang lebih dinamis dan responsif. Pengendara bisa merasakan torsi tambahan dan kemudahan dalam menyesuaikan akselerasi maupun deselerasi, meskipun top speed tidak meningkat secara signifikan. Otoinfo
More Stories
Cargloss Siap Lindungi Para Rider di YEC Seri 2 Sambas! Helm Gaya Ekstrem untuk Jalur Ekstrem!
HTEQ Siap Guncang YEC Seri 2 Sambas! Sparepart Tangguh Biar Motor Makin Gasspol!
Booth YUASA Siap Kasih Kejutan Seru di YEC Seri 2 Sambas! Energi Baru Buat Kamu yang Datang!