Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Yamaha NMax Turbo Mesin Terbaru Dengan Perubahan di Berbagai Sektor Mesinnya

Yamaha NMax Turbo Mesin Terbaru Dengan Perubahan di Berbagai Sektor Mesinnya

Otoinfo – Di tengah persaingan ketat di pasar sepeda motor, Yamaha kembali menggebrak dengan kehadiran NMax Turbo yang mengusung berbagai pembaruan teknologi. Menyasar pasar MAXi Yamaha, NMax Turbo tidak hanya memperbarui tampilan dan fitur-fiturnya menjadi lebih premium, tetapi juga melakukan revolusi pada jeroan mesinnya. Salah satu terobosan utamanya adalah penggunaan Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT), yang tidak hanya meningkatkan performa melalui sensasi Turbo, tetapi juga menghadirkan fleksibilitas berkendara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang perubahan-perubahan signifikan pada mesin Yamaha NMax Turbo yang membuatnya semakin unggul di kelasnya.

Inovasi Terbaru pada Mesin Yamaha NMax Turbo

Yamaha NMax Turbo memperkenalkan berbagai pembaruan yang signifikan dalam teknologinya, meningkatkan performa dan pengalaman berkendara. Salah satu fitur unggulan adalah penggunaan Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT), yang menghadirkan sensasi Turbo yang memukau saat dipakai. Dengan power mencapai 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi sebesar 14,2 Nm pada 6.500 rpm, serta dilengkapi dengan Riding Mode dan YShift, NMax Turbo menawarkan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya.

Pembaruan Mesin Yamaha NMax Turbo

Meskipun dikenal dengan fitur-fitur modernnya, Yamaha NMax Turbo juga mengalami pembaruan yang signifikan pada bagian mesinnya. Berikut adalah rangkuman dari perubahan yang terjadi:

Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT)

Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) adalah salah satu terobosan teknologi terbaru yang diterapkan pada mesin Yamaha NMax Turbo. Konsep dasar dari YECVT adalah menggantikan sistem CVT konvensional dengan teknologi yang lebih canggih dan efisien. YECVT bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang terdiri dari beberapa elemen utama, termasuk Transmission Control Unit (TCU), ECVT Motor, dan Smart Generator Control Unit (SGCU).

TCU berfungsi sebagai otak pengatur yang menerima input dari berbagai sensor, seperti Sensor Motor Position Primary dan Speed Sensor Secondary, untuk mengatur pergerakan ECVT Motor. Ini memastikan bahwa pulley-pulley pada transmisi bergerak secara optimal sesuai dengan kondisi dan permintaan dari pengendara atau lingkungan berkendara.

ECVT Motor pada Yamaha NMax Turbo adalah komponen yang bertanggung jawab langsung untuk menggerakkan pulley-pulley pada sistem transmisi. Dengan desain yang lebih canggih dan efisien, ECVT Motor mampu memberikan respons akselerasi yang lebih cepat dan lebih halus dibandingkan dengan sistem konvensional. Ini juga membantu dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar, karena transisi antar gigi yang lebih lancar.

Baca Juga:  Mobil Bekas Harga di Bawah Rp100 Juta yang Cocok untuk Tahun ini

SGCU bekerja untuk mengontrol dan mengatur penggunaan energi listrik secara efisien dalam sistem YECVT. Hal ini tidak hanya mengoptimalkan kinerja mesin secara keseluruhan, tetapi juga membantu mengurangi konsumsi energi yang tidak perlu.

Selain itu, komponen-komponen utama dari YECVT, seperti Primary Sheave Assy, Fixed Screw Assy, dan Sliding Screw Assy, semuanya didesain untuk memaksimalkan kinerja dan daya tahan. Yamaha juga memberikan garansi yang cukup lama untuk komponen-komponen ini, mencerminkan kepercayaan mereka akan keandalan teknologi baru ini dalam jangka panjang.

Desain Body Cylinder yang Baru

Penggunaan dinding cylinder yang lebih halus (Mirror Bore Cylinder) membantu mengurangi gesekan dan kehilangan oli, serta meningkatkan kualitas suara mesin.

Perubahan pada Crankshaft & Rotor Assy

Crankshaft yang lebih panjang untuk mendukung YECVT Gear, serta Rotor Assy yang lebih ringan dan kompak, membantu mengoptimalkan kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar.

Camshaft yang Diperbarui

Di dalam mesin Yamaha NMax Turbo, salah satu komponen yang mengalami pembaruan signifikan adalah camshaft atau poros nok. Perubahan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan performa mesin secara keseluruhan, tetapi juga untuk mengoptimalkan efisiensi dan kehandalan. Dalam versi terbaru ini, camshaft telah ditingkatkan kekuatannya dan dirancang lebih padat, sehingga mampu mengurangi gesekan internal yang terjadi selama operasi mesin. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi bahan bakar, tetapi juga memperpanjang umur komponen mesin secara keseluruhan.

Baca Juga:  Honda PCX 160 Terbaru Hadir dengan Tampilan Mewah! Terinspirasi Forza 350?

Dengan integrasi pin dowel yang lebih baik, camshaft baru ini juga memberikan kekokohan yang lebih baik dalam menggerakkan katup-katup, sehingga memberikan respons yang lebih cepat dan konsisten pada putaran mesin yang berbeda. Perubahan ini menunjukkan komitmen Yamaha untuk terus menghadirkan teknologi terkini dalam mesin mereka, sehingga memastikan pengalaman berkendara yang optimal bagi para pengguna NMax Turbo.

Penggunaan Hydraulic Tensioner

Penggunaan Hydraulic Tensioner mengurangi getaran mesin dan meningkatkan kehalusan operasi secara keseluruhan.

Sistem Pelumasan yang Ditingkatkan

Pengembangan jalur oli yang lebih canggih memperluas cakupan sistem pelumasan, termasuk komponen-komponen kritis seperti Hydraulic Tensioner dan YECVT Gear. Dengan berbagai inovasi terbaru pada mesinnya, Yamaha NMax Turbo menetapkan standar baru dalam kelasnya. Kombinasi antara teknologi canggih dan perbaikan pada desain mesin membuat NMax Turbo menjadi pilihan yang sangat menarik bagi para penggemar sepeda motor yang mencari performa tinggi dan pengalaman berkendara yang lebih baik. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.