Inovasi Terbaru pada Mesin Yamaha NMax Turbo
Pembaruan Mesin Yamaha NMax Turbo
Meskipun dikenal dengan fitur-fitur modernnya, Yamaha NMax Turbo juga mengalami pembaruan yang signifikan pada bagian mesinnya. Berikut adalah rangkuman dari perubahan yang terjadi:
Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT)
Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) adalah salah satu terobosan teknologi terbaru yang diterapkan pada mesin Yamaha NMax Turbo. Konsep dasar dari YECVT adalah menggantikan sistem CVT konvensional dengan teknologi yang lebih canggih dan efisien. YECVT bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang terdiri dari beberapa elemen utama, termasuk Transmission Control Unit (TCU), ECVT Motor, dan Smart Generator Control Unit (SGCU).
TCU berfungsi sebagai otak pengatur yang menerima input dari berbagai sensor, seperti Sensor Motor Position Primary dan Speed Sensor Secondary, untuk mengatur pergerakan ECVT Motor. Ini memastikan bahwa pulley-pulley pada transmisi bergerak secara optimal sesuai dengan kondisi dan permintaan dari pengendara atau lingkungan berkendara.
ECVT Motor pada Yamaha NMax Turbo adalah komponen yang bertanggung jawab langsung untuk menggerakkan pulley-pulley pada sistem transmisi. Dengan desain yang lebih canggih dan efisien, ECVT Motor mampu memberikan respons akselerasi yang lebih cepat dan lebih halus dibandingkan dengan sistem konvensional. Ini juga membantu dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar, karena transisi antar gigi yang lebih lancar.
SGCU bekerja untuk mengontrol dan mengatur penggunaan energi listrik secara efisien dalam sistem YECVT. Hal ini tidak hanya mengoptimalkan kinerja mesin secara keseluruhan, tetapi juga membantu mengurangi konsumsi energi yang tidak perlu.
Selain itu, komponen-komponen utama dari YECVT, seperti Primary Sheave Assy, Fixed Screw Assy, dan Sliding Screw Assy, semuanya didesain untuk memaksimalkan kinerja dan daya tahan. Yamaha juga memberikan garansi yang cukup lama untuk komponen-komponen ini, mencerminkan kepercayaan mereka akan keandalan teknologi baru ini dalam jangka panjang.
Desain Body Cylinder yang Baru
Penggunaan dinding cylinder yang lebih halus (Mirror Bore Cylinder) membantu mengurangi gesekan dan kehilangan oli, serta meningkatkan kualitas suara mesin.
Perubahan pada Crankshaft & Rotor Assy
Crankshaft yang lebih panjang untuk mendukung YECVT Gear, serta Rotor Assy yang lebih ringan dan kompak, membantu mengoptimalkan kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar.
Camshaft yang Diperbarui
Penggunaan Hydraulic Tensioner
Penggunaan Hydraulic Tensioner mengurangi getaran mesin dan meningkatkan kehalusan operasi secara keseluruhan.
Sistem Pelumasan yang Ditingkatkan
Pengembangan jalur oli yang lebih canggih memperluas cakupan sistem pelumasan, termasuk komponen-komponen kritis seperti Hydraulic Tensioner dan YECVT Gear. Dengan berbagai inovasi terbaru pada mesinnya, Yamaha NMax Turbo menetapkan standar baru dalam kelasnya. Kombinasi antara teknologi canggih dan perbaikan pada desain mesin membuat NMax Turbo menjadi pilihan yang sangat menarik bagi para penggemar sepeda motor yang mencari performa tinggi dan pengalaman berkendara yang lebih baik. Otoinfo
More Stories
Knalpot ABRT20 Karya Mantan Joki Drag Bike, AB Bendol yang Melejit di Balap dan Harian
Astra Otoparts Hadirkan ULTI X Untuk Pasar Komponen Racing dan Sport, Ada Brake Pad, Velg dan Gir-Rantai
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer