Yamaha RX-Z 1994 : ‘Racing Daily Use’ Penggugah 2 Tak Lovers

Otoinfo.id – Yamaha RX-Z yang booming pada 1980-1990 lalu ternyata masih menyimpan segudang pesona. Buktinya Bambang owner 22SpeedShop yang menyuplai berbagai macam spare part racing online ini. Dirinya kepincut dengan motor 2T dengan model era 90an yang menggunakan lampu depan berbentuk kotak, suspensi depan teleskopik, lalu untuk belakang pakai dual sok.

Motor yang pertama kali hadir tahun 1985 di negeri Jiran sana memang memiliki ciri khas tersendiri, makannya Bambang tertarik untuk merestorasinya. RX-Z ini juga masih dalam keluarga RX-King sang raja jalanan. Bambang mengatakan kalau dapat motor tersebut ini dari tetangganya.

Baca Juga : Modifikasi Yamaha RX-Z 1992 (Banjarnegara): Langka Tapi Gaya, Asli Malaysia Pula!

“Dapat dari tetangga saya, ini Yamaha RX-Z keluaran 1994. Alasan utama selain suka sama RX-Z ini, juga ingin menambah gairah pehobi 2 tak. Apalagi saat ini sedang booming lagi motor 2 tak. Spare part yang semakin langka juga menambah penasaran kita dan merasa tertantang untuk restorasi motor ini,” ujar Bambang.

Sebelum dan Sesudah Restorasi.

Baca Juga : Rasio ICE Racing 125Z dan RX-Z : Harga Terjangkau, Kualitas Oke!

Bambang sendiri mengaku sudah menghabiskan dana sekitar 10 juta untuk RX-Z ini. Konsepnya racing daily use. Artinya berkonsep layaknya motor balap, namun digunakan untuk keperluan sehari-hari. Terlihat pada bodi RX-Z ini mirip-mirip pacuan balap, dengan cat dasar kuning dan corak warna-warni. Namun, suspensi dan lainnya tetap pakai orisinil.

“Biaya yang paling bengkak itu untuk blok orisinil dengan kode Y-4. Itu mencapai 5-7 juta. Pengapian juga pakai orisinil. Karburator orisinil RX-Z dan penggunaan knalpot kolong yang menambah sensasi racing buat harian,” ungkapnya. Bagian-bagian part yang lain diantaranya pengalikasian ban soft compound serta gear set SSS.

RX-Z Racing Daily Use.

Yup, tertarik buat restorasi RX-Z? Boleh nih ditiru RX-Z konsep racing daily use ala owner 22SpeedShop. Sip! Aji