Yamaha Scorpio 2005 (Mojosari) : ‘Ronggolawe’ Impian Lama Jadi Nyata

Otoinfo.id – Yamaha Scorpio pertama dikeluarkan pada tahun 2002, motor tersebut sudah gagah dan garang dari pabriknya. Apalagi motor berkpasitas 225cc ini sejak lahir sudah dibekali monoshock, dan pada saat itu Yamaha Scorpio juga mampu bersaing dengan kompetitornya. Namun, Erik Trianto selaku pemilik Yamaha Scorpio lansiran 2005 ini tak puas dengan model motor tersebut.

Dirinya tidak tanggung-tanggung, merombak total Yamaha Scorpio miliknya menjadi motor custom berkonsep scrambler. “Sebenarnya ini impian lama yang terpendam. Karena dulu masih terbentur di dananya. Alhamdulillah sekarang jualan helm online lancar, jadi bisa mewujudkannya,” ujar Erik yang memang membuka usaha jualan helm, nama tokonya Rumah Helm Mojosari.

Baca Juga : Yamaha Scorpio Z 2006 (Semarang) Korban Bobber Ditopang Zeneos

“Dan alasan saya pilih Yamaha Scorpio karena dari sononya mesin udah gede, jadi menurutku pas lah dibuat konsep Scrambler sesuai keinginan,” imbuh pria kelahiran 1982 ini. Erik juga memberikan nama pada motor impiannya ini, namanya Ronggolawe.

Saat ditanya kenapa diberi nama Ronggolawe, Erik mengatakan kalau nama itu memiliki karakter yang kekar dan kuat. Memang karakter tersebut terlihat pantas untuk scrambler garapan bengkel Buzz Auto Concept (BAC), bengkel modif yang sudah berpengalaman dan rapi dalam pengerjaannya. Aji

Baca Juga : Modifikasi Yamaha Scorpio: Sesuai Scala Supermoto

Tangki

Tangki Dari Bahan Drum.

Untuk tangka berwarna biru yang nempel di Ronggolawe ini, Haris selaku modifikator mengatakan kalau bahan yang dipakai cukup mudah didapat dan dibikin sendiri. “Iya custom sendiri, bahannya pakai bahan drum,” ucap Haris.

Sasis dan Jok

Sasis dan Jok Dibuat Sesuai Kebutuhan.

Pada sasis Yamaha Scorpio ini, Haris tak banyak merubah. “Kita cuma custom di bagian tengah rangka aja, dibikin lebih rendah. Karena kita dituntut untuk bikin motor yang rendah, meskipun dengan ban dualpurpose yang tinggi,” terang Haris yang mengatakan kalau custom sasis tersebut tujuannya agar pemilik nyaman dan terlihat pas mengikuti tinggi badannya.

Baca Juga : Modifikasi Yamaha Scorpio: Tunggangan Ala Pak Lurah

Skid Plate

Skid Plate Custom by BAC.

Untuk melindungi mesin Ronggolawe, ada penambahan skid plate. Skid plate sendiri merupakan bahan yang memang sudah lazim ditempelkan pada bagian bawah kendaraan, tujuannya ya untuk mencegah kerusakan bagian bawah termasuk mesin juga saat kontak langsung dengan tanah maupun bebatuan.

Data Modifikasi

Tangki : Custom (deus)
Headlamp : Daymaker Spider (import)
Sein : Led
Spion : CNC
Stang : Trail
USD : NUI
Handgrip : Biltwell
Slebor, Jok, Tutup Aki : Custom
Skok Belakang : Aftermarket
Stoplamp : Led  Velg : Rossi xd
Ban : Metzeler Karoo3
Knalpot : Custom
Wrap : Titanium Import
Filter Karburator : TDR stainless
Tromol : Original Scorpio
Disc Brake Belakang : Original Ninja 150R
Oil Cooler : Original Viar
Skid Plate : Custom
Footstep Belakang : Original Byson
Speedometer : Led Babon
Handle : Ride It