Yamaha Sunday Race (YSR) 2018: Tensi Kelas Komunitas ‘Memanas’, Ongki Kurniawan Harus Naik Kelas!

Ongki Kurniawan (Kanan) : Harus Naik Kelas

OtoInfo.Id-Kompetisi kelas komunitas di Yamaha Sunday Race (YSR) memang makin ‘memanas’. Artinya, ada gengsi yang dihadirkan sebagai bagian dari dinamika dari sebuah kompetisi. Meskipun sejatinya kelas komunitas adalah kelas hobi sebagai media penyaluran hasrat membalap tempat yang tepat. Antusias peserta yang meningkat diiringi dengan skill, performa pacuan dan catatan waktu yang level up pula, oleh penyelenggara dibuat kelas penjenjangan.

Jadi perhatian ada di kelas R25 komunitas, dibagi menjadi kategori Comm B, Comm A dan Comm Pro. Bahkan kelas Comm B dibagi jadi Comm B Beginner, Comm B Consulation dan Comm B utama. Adalah fakta bila kelas ini penyumbang starter terbesar tiap serinya. Catatan portal ini, seri (7-8/4) diikuti 62 starter, seri 2 (5-6/5) ada 61 starter dan seri 3 (7-8/7) ada 75 sarter. Komunitas-komunitas yang aktif ambil bagian antara lain : YROI, Cornering Indonesia, YRFI R25, ROCK, YARRCI, YMTI, RideBull, YRSCI.

Kelas Komunitas adalah Kelas Hobi

Atas dasar pertimbangan sportifitas dan edukasi dibuatlah regulasi teknik dan kategori rider. “Pada awal tahun dibuat regulasi teknik dan kategori rider yang melibatkan koordinator masing-masing komunitas. Masing-masing koordinator komunitas bertanggung jawab terhadap penjaringan rider-rider komunitas yang dinaungi,”bilang Robby Winaldy dari Divisi Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Baca Juga : Berikut Informasi Pendaftaran dan Regulasi

Nah, munculnya Ongki Kurniawan (YROI Balikpapan) di kelas R25 Comm B pada seri 3 akhir pekan lalu (7-8/7) jadi magnet tersendiri. Ongki yang baru kali pertama ambil bagian di YSR langsung melejit dan sukses raih podium pertama. Bahkan Ongki mampu membuat gap yang cukup jauah dengan rider yang dibelakangnya. Tapi sayang, Ongki terkena diskualifikasi lantaran melanggar regulasi teknik perihal pemakaian coolant.

Robby Wilady-Divis Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Tapi ada yang lebih sensasional dari kiprahnya Ongki di seri kemarin yakni Ongki ditengarai rider yang pernah berlaga di MotorPrix Kalimatan,”Regulasinya adalah kelas komunitas comm A, B dan beginner  adalah murni dari member komunitas bukan mantan pembalap  atau rider dari speed shop. Untuk mantan pemabalap dan rider speed shop dikategori comm Pro, itu pun untuk mantan pembalap berumur diatas 30 tahun dan udah vacum minimal 3 tahun,”terang Robby. Jadi?

Fahruaji akrab disapa Jaja Ketua YROI Balikpapan Chapter : Seri 4 Tetap akan Main

“Seri 4 kami tetap akan turun, makanya pasca event kemarin kami langsung berlatih kembali di Sentul. Sesuai regulasi, Ongki memang harus naik kelas walaupun dia sudah vacum balap 3 tahun,”terang Fahruaji akrab disapa Jaja manager tim YROI Balikpapan yang menangungi Ongki.