Yuk Mengenal Lebih Dekat Soal Seatbelt

Otoinfo.id – Sabuk pengaman adalah piranti keselamatan berkendara yang lazim kita jumpai pada kendaraan roda empat (R4). Fungsi dari sabuk pengaman ini sangatlah penting karena melindungi penumpang dari kondisi berbahaya semisal tabrakan atau gerakan berhenti mendadak.

Sabuk pengaman juga berfungsi untuk mengurangi kemungkinan cedera serius akibat benturan dengan cara menjaga dan membatasi gerak penumpang pada posisi yang tepat sehingga mencegah penumpang terlempar keluar dari kendaraan saat terjadi kecelakaan.

Nah, mengingat betapa vital peran sabuk pengaman ini, wajar kiranya kalau penggunaan sabuk pengaman menjadi salah satu kewajiban bagi setiap pengemudi dan penumpang R4. Ini seperti yang sudah diatur dalam UU Nomor 14 tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 61 ayat 2.

Dalam UU tersebut dinyatakan akan kewajiban pemakaian sabuk pengaman bagi pemakai kendaraan roda empat atau lebih. Jadi demi keamanan dan kenyamanan, jangan lupa untuk selalu menggunakan sabuk pengaman ya.

Pastikan untuk selalu menggunakan dengan cara yang benar. Gondronk