4 Cara Membuka Kunci Motor yang Tertutup karena Magnet Rusak

4 Cara Membuka Kunci Motor yang Tertutup karena Magnet Rusak
4 Cara Membuka Kunci Motor yang Tertutup karena Magnet Rusak

Otoinfo – Fitur secure key shutter (kunci magnet) adalah bagian umum pada sebagian besar motor modern, dirancang untuk meningkatkan keamanan kendaraan. Namun, seperti halnya komponen lainnya, magnet pada kunci tersebut kadang-kadang mengalami masalah. Oleh karena itu, pemilik kendaraan perlu mengetahui cara membuka kunci motor yang tertutup jika magnetnya mengalami masalah.

Jika Anda terlalu sering menggunakan magnet di kunci tersebut, ada kemungkinan kunci akan tertutup secara otomatis, dan situasi ini bisa sangat merepotkan, terutama jika Anda tidak memiliki kunci cadangan.

Cara Membuka Kunci Motor

Berikut adalah beberapa metode untuk membuka kunci motor yang tertutup:

Baca Juga:   Makin Ganteng! Inilah Warna Modifikasi Nmax dan Tipsnya!

1. Memotong Ujung Secure Key Shutter

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah memotong ujung secure key shutter. Anda dapat melakukannya dengan menggosok bagian ujung kunci menggunakan kertas amplas. Caranya adalah dengan menggosok perlahan hingga bagian ujung kunci terpotong dengan panjang maksimal 1,1 mm. Setelah itu, oleskan lem agar magnet anak kunci tetap terpasang. Setelah lem mengering, cobalah kunci tersebut.

2. Mengganti Magnet Kunci

Cara kedua adalah mengganti magnet kunci lama dengan yang baru. Wajar jika daya magnet menurun karena komponen ini sering digunakan. Penggantian magnet kunci harus dilakukan secara keseluruhan. Anda perlu membeli tiga magnet kecil yang disebut neodymium. Kemudian, bongkar anak kunci yang rusak, keluarkan semua magnet lama, dan gantilah dengan yang baru. Pastikan kutub yang benar sudah ditemukan sebelum mengoleskan lem magnet.

Baca Juga:   Awas Oli Mesin Honda All New CB150R, Sonic & All New CBR150R Rawan Bocor

3. Membongkar Secure Key Shutter pada Motor

Cara ketiga adalah dengan membongkar secure key shutter. Secure key shutter terdiri dari dua bagian, yaitu rumah kunci dan kunci pengaman. Dengan cara ini, Anda dapat membuka rumah kunci secara permanen. Namun, perlu diketahui bahwa jika Anda menggunakan cara ini, motor Anda tidak akan memiliki kunci pengaman ganda lagi.

Baca Juga:   Simak Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Puasa Dari AHM

4. Mengganti Perangkat Secure Key Shutter Secara Keseluruhan

Cara keempat adalah dengan mengganti seluruh perangkat secure key shutter. Jika Anda ingin menjaga sistem proteksi secure key shutter pada motor, Anda harus mengganti semua perangkatnya. Namun, jika Anda tidak berpengalaman, sebaiknya minta bantuan dari seorang teknisi berpengalaman, karena penggantian secure key shutter tidak boleh dilakukan secara sembarangan.