7 Seri MotoGP Akan Dipangkas Lap-nya

Otoinfo.id – Tujuh seri MotoGP akan dipotong lap-nya di musim 2018 dan seterusnya. Seri-seri tersebut adalah MotoGP Austin, Le Mans, Barcelona, Brno dan Misano. Tiap seri tersebut akan dipangkas 1 lap. Bahkan khusus seri Jerez akan berkurang 2 lap sedangkan seri pamungkas GP Valencia berkurang 3 lap. Dalam hal ini jarak total pun akan menyusut dari sebelumnya sekitar 95-130 km.

Kenapa dipangkas? Ini berhubungan dengan stasiun TV yang menyiarkan secara langsung. Beberapa mengeluh panjangnya durasi MotoGP, apalagi ketia balapn ditunda akibat hal-hal teknis atau cuaca.

Dengan memperpendek 7 seri, jadwal total selama 1 tahun pun turun secara signifikan. Perkiraannya seperti di Austin dan Barcelona hanya tinggal 40 dan 42 menit saja.

Perubahan terbesar terjadi di Valencia. Dengan memotong balapan 3 lap, dari asalnya 30 lap jadi 27 lap, durasi balapan harus terpotong hampir 4,5 menit.

Pemotongan durasi melalui pengurangan jumlah lap juga berhubungan dengan tahun 2019 yang akan menyiarkan malap MotoE. Diperkirakan total siaran MotoGP akan bertambah menjadi 20 menit dari sebelumnya.

Selain dari masalah stasiun TV, pengurangn ini pun berdampak kepada teknikal. Seperti diketahui, konsumsi bahan bakar motor MotoGP saat ini berada pada tahap kritikal. Apalagi seperti di seri Misano yang merupakan konsumsi paling boros. MT4, foto : motogp