Otoinfo.id
Sign In
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Notification
HeadlineRacing

Perdana Tampil, F1ZR AG Style Gold Family Pecah Telur di Black Drag Bike 2025 Purwokerto

HeadlineRacing

Robby Sakera Bangkit di Race 2 ARRC Malaysia, Amankan Podium Kedua Kelas AP250

HeadlineRacing

Alfi Husni Juara Asia UB150 ARRC 2025, MCR Racing Parts sebagai Pendukung Performa!

HeadlineRacing

Istimewa! Alfi Husni Kunci Gelar Juara Asia di Kelas UB150 ARRC 2025 Seri 5 Malaysia

Font ResizerAa
Otoinfo.idOtoinfo.id
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Search
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Sign In Sign In
Follow US
Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Otoinfo.id > Blog > Headline > Bersiap-siap! Pembekuan Mesin MotoGP 2027: Apakah Ini Awal Krisis bagi Pabrikan?
HeadlineInfoRacing

Bersiap-siap! Pembekuan Mesin MotoGP 2027: Apakah Ini Awal Krisis bagi Pabrikan?

Dhimas Cipta
Last updated: 16/10/2024 11:40
By Dhimas Cipta
3 Min Read
Bersiap-siap! Pembekuan Mesin MotoGP 2027 Apakah Ini Awal Krisis bagi Pabrikan
SHARE

Otoinfo.id – Sebagai langkah awal menuju peraturan baru pada tahun 2027, baik tim pabrikan maupun tim swasta di MotoGP akan menghadapi pembekuan pengembangan mesin. Mulai tahun 2027, mesin 1000cc yang ada saat ini akan dikurangi menjadi 850cc. Selain itu, akan ada pembatasan signifikan pada elemen aerodinamis dan perangkat lainnya, termasuk pengatur ketinggian motor, yang sebagian besar akan dihapus, kecuali untuk digunakan khusus saat start balapan.

Contents
  • About The Author
    • Dhimas Cipta

Keputusan ini diambil oleh badan pengatur kejuaraan sebagai upaya untuk membatasi investasi pabrik-pabrik menjelang dua musim terakhir sebelum perubahan besar pada kerangka kerja teknis. Ini bukanlah kali pertama pembekuan mesin dilakukan. Sebelumnya, selama pandemi, MotoGP juga menerapkan langkah serupa pada musim 2020 dan 2021 untuk menstabilkan anggaran dan mengendalikan biaya.

Pada Agustus 2020, Yamaha mengajukan permohonan untuk membuka mesin M1 milik Valentino Rossi dan Maverick Vinales karena adanya masalah pada katup. Permintaan ini memicu ketidakpercayaan di antara perwakilan Asosiasi Pabrikan (MSMA) lainnya.

Dalam pernyataan resmi FIM yang mengumumkan pembekuan mesin, disebutkan bahwa perubahan demi keselamatan atau keandalan tetap diizinkan, asalkan tidak ada peningkatan performa yang dapat dibuktikan. “Spesifikasi mesin di kelas MotoGP akan dibekukan hingga 2026, yang mewajibkan semua pabrikan menggunakan spesifikasi 2025 pada musim berikutnya. Langkah ini diambil untuk mengendalikan biaya dan memaksimalkan paritas menjelang pengenalan peraturan baru pada 2027,” jelas pernyataan FIM.

Keputusan ini memungkinkan para pabrikan untuk lebih fokus mempersiapkan motor sesuai dengan regulasi baru, tanpa perlu berinvestasi dalam pengembangan mesin setelah awal musim 2025. Di bawah peraturan saat ini, pabrikan diperbolehkan mengirimkan mesin baru sebelum Grand Prix pertama di setiap musim. Mesin-mesin ini kemudian akan disegel dan tidak dapat dimodifikasi selama sisa tahun tersebut.

Dengan pembekuan mesin yang telah disetujui secara bulat oleh semua pabrikan, mesin yang diserahkan oleh setiap tim pada Grand Prix Thailand 2025—yang menjadi putaran pertama dalam kalender tahun depan—akan sama dengan mesin yang mereka gunakan sepanjang musim. Setiap tim hanya diperbolehkan menggunakan delapan mesin untuk setiap balapan.

Namun, dua pabrikan yang saat ini masih menikmati konsesi, yaitu Honda dan Yamaha, tidak termasuk dalam pembekuan ini. Status konsesi mereka hanya akan berubah jika ada peningkatan signifikan dalam hasil balapan selama beberapa putaran terakhir musim ini.

Dengan langkah ini, MotoGP berusaha menciptakan kesetaraan kompetitif dan memastikan bahwa semua tim dapat bersaing tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk pengembangan mesin dalam waktu dekat.

 

About The Author

Dhimas Cipta

See author's posts

Join Our Newsletter
Subscribe to our newsletter to get our newest articles instantly!
[mc4wp_form]
TAGGED:aerodinamisBalapan MotorFIMGrand Prix Thailandhondainvestasi pabrikanKejuaraan Duniakonsesi pabrikankrisis pabrikanMesin 1000ccmotogpPembekuan Mesinperaturan baruRegulasi BalapanValentino RossiYamaha
Share This Article
Facebook Email Copy Link

You Might Also Like

HeadlineRacing

Hasil Moto3 Aragon 2: Jaume Masia Juaranya, Posisi Kedua dan Ketiga Rider Jepang

By otoinfo
26/10/2020
HeadlineRacing

Poin Sempurna! Fahmi Basam Juara Lagi di NS150 MRS 2025 Seri 4

By Setiaji
21/09/2025
Yamaha Menyukseskan Mudik Lebaran dengan Layanan Bengkel dan Pos Jaga
AgendaYamaha

Dukungan Yamaha untuk Mudik Lebaran 2024

By Dhimas Cipta
15/06/2024
CommunityHeadline

Bekasi Lexi Owner Group (BLOG) Bersama Wakil Wali Kota Tanam Bibit Pohon

By otoinfo
13/01/2021
CommunityHeadline

Yamaha Endurance Festival 2019: Perkenalkan Budaya Balap Ketahanan, Yamaha Indonesia Kembali Hadirkan di Tahun Kedua

By otoinfo
28/07/2019
HeadlineTips

Tips Aman Mendahului Pengendara Lain Ala Honda Istimewa

By otoinfo
10/10/2023

Foxiz Car

Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Don't not sell my personal information
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?

Forget Password