Otoinfo.id – Kaki-kaki mobil adalah komponen penting yang menentukan kenyamanan dan kestabilan saat berkendara. Salah satu bagian vitalnya adalah bushing arm, yang berfungsi sebagai peredam getaran sekaligus menyatukan berbagai komponen kaki-kaki.
Bushing arm terbuat dari kombinasi logam dan karet, dan seiring waktu pemakaian, terutama pada mobil bekas, komponen ini akan mengalami keausan atau kerusakan. Akibatnya, muncul gejala seperti suara “gluduk-gluduk” saat mobil melintasi jalan tidak rata atau terasa limbung.
Bisa Ganti Sendiri di Rumah, Tapi Hati-Hati ya Gaes!
Menurut Ivan, pemilik bengkel Barbar Motorsport di BSD, Serpong, mengganti bushing arm bukan pekerjaan sembarangan, meskipun tetap bisa dilakukan sendiri jika punya alat dan pemahaman dasar otomotif.
“Pemasangan bushing arm nggak bisa asal ketok karena seharusnya dipasang dengan cara di-press,” jelas Ivan.
Baca Juga: Jangan Sampai Kap Mesin Macet! Begini Cara Merawat Pengunci Kap Biar Awet dan Anti Karat
Langkah-Langkah Ganti Bushing Arm Mobil Sendiri
1. Siapkan Alat dan Lokasi Aman
Kamu butuh dongkrak, jack stand, kunci-kunci, dan pelumas. Pastikan mobil berada di permukaan datar dan aman dari lalu lintas.
2. Lepas Ban dan Komponen Terkait
Dongkrak mobil lalu lepas ban. Setelah itu, cari posisi bushing arm dan lepaskan baut-baut pengikatnya.
3. Lepas Bushing Arm Lama
Kalau tidak punya alat press, kamu bisa gunakan metode manual tapi hati-hati: ketok perlahan dan pastikan posisi stabil agar tidak merusak komponen sekitar.
4. Pasang Bushing Arm Baru
Jika kamu punya alat press manual, gunakan itu untuk memasang bushing arm baru. Hindari mengetok langsung dengan palu karena bisa merusak karet bushing.
5. Pasang Kembali Semua Komponen
Setelah bushing terpasang rapi, pasang kembali komponen yang dilepas, termasuk ban. Kencangkan baut sesuai torsi yang disarankan.
Baca Juga: Jangan Asal Copot Thermostat! Mesin Mobil Sering Overheat? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Kapan Harus Ganti Bushing Arm?
Umumnya, bushing arm diganti setiap 50.000–80.000 km, tergantung kondisi jalan dan gaya mengemudi. Jika mulai muncul gejala seperti bunyi tidak normal di kaki-kaki, getaran berlebih, atau kendali setir terasa tidak stabil, itu tandanya perlu dicek.
Hemat Biaya, Tapi Tetap Utamakan Keamanan
Mengganti bushing arm sendiri di rumah memang bisa menghemat biaya, tapi tetap perlu kehati-hatian. Bila ragu atau tidak punya alat yang sesuai, lebih baik serahkan pada bengkel terpercaya agar hasilnya maksimal dan aman.
More Stories
Rahasia Terungkap! Ini Kelebihan Motor Matic Pakai Mangkok Kopling Racing, Tarikan Makin Responsif
Jangan Asal Bersih! Ini Cara Aman Membersihkan V-Belt Motor Matic Biar Gak Cepat Rusak
Jangan Sampai Kap Mesin Macet! Begini Cara Merawat Pengunci Kap Biar Awet dan Anti Karat