Otoinfo.id
Sign In
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Notification
HeadlineRacing

Perdana Tampil, F1ZR AG Style Gold Family Pecah Telur di Black Drag Bike 2025 Purwokerto

HeadlineRacing

Robby Sakera Bangkit di Race 2 ARRC Malaysia, Amankan Podium Kedua Kelas AP250

HeadlineRacing

Alfi Husni Juara Asia UB150 ARRC 2025, MCR Racing Parts sebagai Pendukung Performa!

HeadlineRacing

Istimewa! Alfi Husni Kunci Gelar Juara Asia di Kelas UB150 ARRC 2025 Seri 5 Malaysia

Font ResizerAa
Otoinfo.idOtoinfo.id
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Search
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Sign In Sign In
Follow US
Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Otoinfo.id > Blog > Headline > Ragam Model Roll Bar, Roll Cage & X-Bar Sebagai Pelindung
HeadlineInfoTips

Ragam Model Roll Bar, Roll Cage & X-Bar Sebagai Pelindung

otoinfo
Last updated: 20/05/2018 10:23
By otoinfo
3 Min Read
SHARE

Otoinfo.id – Ada banyak ragam model roll bar dan roll cage ini. “Masing-masing tergantung pada kebutuhan dan penggunaannya, apakah sekedar untuk variasi saja atau untuk kompetisi balap mobil seperti rally atau off-road,” terang Wily.

Contents
  • About The Author
    • otoinfo

Baca Juga : Ternyata Roll Bar, Roll Cage & X-Bar Itu Beda Loh

“Paling simple adalah model 2 titik (kaki) dan 4 titik, namun ini tak disarankan penggunaannya karena kurang begitu efektif dan efisien melindungi kabin apalagi untuk kompetisi,” imbuh Wily.

Untuk standar balap baik turing, rally maupun offroad, biasanya kaki-kaki rollbar yang terpasang adalah 6 titik. Cara pemasangannya pun bermacam-macam. Ada yang dipasang pada dek (lantai) mobil dengan menggunakan tatakan plat yang dibaut dengan menggunakan baut baja. Tetapi ada yang langsung dilas menempel pada chasis (rangka), seperti pada mobil offroad.

Cara pemasangan seperti ini dirasa yang paling aman untuk sebuah mobil kompetisi. Pasalnya ditinjau dari kekuatannya sendiri, “Lebih aman kuat dan maksimal, kalau menembus dek dan langsung menempel chasis,” tegas Wily.

Dibanding dengan cara dibaut, resiko lepas dan kendor masih ada. “Tapi ini sah-sah saja kok kalau hanya digunakan sebatas variasi saja,” sahut Wily. dJansen

Standar Ukuran Aman
Untuk memasang roll bar atau roll cage tak boleh sekedar asal pakai pipa besi sembarangan. Apabila rollbar tidak dibuat berdasarkan standar keselamatan balap. Maka yang terjadi bisa sebaliknya bisa membahayakan si pembalap.

“Harus diperhatikan sekali soal pemilihan bahan,” wanti M. Hardjanto, punggawa bengkel Double Gardan 4×4, Purworejo.

Lebih lanjut off-roader berjuluk The Jungle Man ini menjelaskan, bahwa bahannya harus dari besi seamless 40 diameter minimal 1,5 inch, dengan ketebalan 2,5 mm.“Bisa saja menggunakan bahan lain yang juga memiliki tingkat kekuatan yang bagus, seperti misalnya bahan chromoly. Meskipun mobil terguling namun pembalap di dalam kabin akan tetap aman karena terlindung oleh rangka roll bar yang bagus,” terang Janto.

Untuk pengelasan sebaiknya menggunakan CO atau argon. Hasilnya akan lebih rapi dan kuat. Pada penggunaan kompetisi balap mobil maupun off-road, sesaat sebelum lomba biasanya akan dilakukan scrutineering yang salah satunya adalah pemeriksaan perangkat safety dan salah satunya roll bar. “Roll bar yang tidak sesuai standar bisa dipastikan tak akan lulus dan tak bisa ikut balap,” tegas Janto.

About The Author

otoinfo

See author's posts

Join Our Newsletter
Subscribe to our newsletter to get our newest articles instantly!
[mc4wp_form]
TAGGED:roll barroll cagex bar
Share This Article
Facebook Email Copy Link
Leave a Comment Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Might Also Like

Ini Dia 6 Keunggulan Honda X-ADV 750cc 2024 yang Membuatnya Big Scooter Terbaik di Indonesia!
Info

Ini Dia 6 Keunggulan Honda X-ADV 750cc 2024 yang Membuatnya Big Scooter Terbaik di Indonesia!

By Isdiyanti
19/06/2024
HeadlineRacing

Hadapi Balap 2019, MPM Umumkan Formasi Tim Balap

By otoinfo
11/03/2019
Gejala Kerusakan Rem Mobil yang Perlu Anda Waspadai
Tips

Gejala Kerusakan Rem Mobil yang Perlu Anda Waspadai

By otoinfo
07/11/2023
HeadlineRacing

MotoGP: V4 vs Inline, Mana Yang Terbaik?

By otoinfo
21/01/2019
Lakukan Cara Ini! Modifikasi PCX 160 Biar Ganteng!
Tips

Lakukan Cara Ini! Modifikasi PCX 160 Biar Ganteng!

By Dimas Fauza
28/10/2023
HeadlineRacing

MotoGP Jerez: Rossi Masih Belum Cepat, Masalahnya Masih Sama dengan Tahun Lalu

By otoinfo
18/07/2020

Foxiz Car

Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Don't not sell my personal information
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?

Forget Password