Apa Sih Bedanya Sunroof, Moonroof dan Panoramic, Temukan Jawabannya

Otoinfo.id – Di beberapa produk mobil lansiran anyar, kerap kita jumpai tampilan fitur panel jendela yang terpasang di atap mobil. Biasanya cuma mobil mewah yang dibekali seperti ini. Tapi belakangan banyak mobil yang pasang fitur ini. Sekedar gaya agar tampilan mobil makin oke atau memang sebuah kebutuhan.

Istilah umum yang biasa dikenal dan akrab di telinga kita tentang panel ini adalah sunroof. Jendela di atap mobil ini pada awalnya dulu diperuntukkan bagi mobil yang dilansir untuk daerah pemasaran yang memiliki empat iklim. Gunanya, “Ketika cuaca sedang cerah, pengemudi dan penumpang bisa merasakan udara luar hanya dengan membuka panel tersebut,” terang Joko Kristiono, member Honda Brio Community asal Pati yang pasang fitur ini di tunggangannya.

Baca Juga : Modifikasi Nissan Teana J31: Awas Kebo Lewat
Baca Juga : Modifikasi Toyota Mark X: Peleknya Saja Rp 100 Juta

Meskipun kebanyakan orang lebih mengenal sunroof, namun sejatinya tidak semua lubang di atap termasuk kategori sunroof. Untuk fungsi memang hampir sama, yaitu memungkinkan udara dan cahaya masuk ke dalam kabin. Namun ada beberapa jenis fitur panel seperti ini dengan teknis dan cara kerja yang berbeda dan tentu saja dengan istilah atau nama yang berbeda pula.

Nah, biar gak gagal paham, mending kita kupas satu persatu aja deh. Gondronk

Sunroof
Panel ini bekerja dengan cara terbuka ke atas. Untuk bahan sunroof, biasanya terbuat dari tempered glass ataupun plat yang dapat dibuka tutup dengan sistem elektrik. Sedangkan buka tutup sistem manual (ditarik tangan) dapat dijumpai di beberapa mobil klasik.

Selain membuat tampilan mobil jadi lebih berkelas, juga memiliki banyak fungsi. Pertama selain sirkulasi udara dalam kabin bisa lebih maksimal saat buka sunroof, “BBM juga makin irit karena tak perlu nyalakan AC, udara kabin sudah sejuk dengan hembusan angin dari sunroof yang dibuka,” imbuh Joko.

Moonroof
Panel jendela atap yang satu ini lebih banyak menjadi pilihan. Pasalnya soal tampilan yang lebih bergaya dibandingkan sunroof. Moonroof bekerja dengan cara bergeser masuk ke dalam atap plafon mobil, sehingga secara tampilan terlihat lebih ringkas dan praktis. Bisa juga terbuka keluar ke atas, tetapi hanya sedikit.

Itu sebabnya beberapa waktu belakangan panel atap jenis ini kian populer. Bahkan beberapa mobil mewah dan berkelas lansiran anyar kini lebih banyak dibekali dengan fitur ini dibandingkan dengan sunroof.

Untuk bahan, nyaris tak beda dengan sunroof, yaitu masih teap mengandalkan tempered glass. “Bahan ini diyakini lebih kuat dan tak mudah retak,” tutur Joko.

Panoramic Roof
Berbeda lagi dengan jenis panoramic roof. “Istilah panoramic adalah fitur jendela atap yang modelnya mati, dalam artian paten tak bisa dibuka maupun tutup yang dikenal dengan istilah panoramic glass top,” jelas Joko. Yang bisa dibuka tutup biasanya hanya lapisan solid sebagai penutup supaya tak silau.