Apakah Ban Balap Boleh Dipakai Untuk Harian? Ini Jawaban Dodiyanto IRC dan Andre Pirelli

Ban Balap : Kiri IRC fasti 2, Kanan : Pirelli Diablo Rosso Corsa II

Otoinfo.id – Untuk menjadikan motor terlihat keren, biasanya yang menjadi pilihan adalah mengganti bagian kaki-kaki, misal pelek, shokbreker ataupun ban. Karena bagian kaki-kaki ini sangat mempengaruhi tampilan motor.

Begitu juga dengan menggunakan ban balap, motor akan terlihat lebih keren dan garang. Namun, apakah boleh ban balap digunakan untuk sehari-hari? Simak penjelasan berikut!

Baca juga : Ayo Kunjungi Akun Instagram Pirelli Indonesia, Ikuti Challenge Ini!

Dodiyanto selaku Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk menjelaskan, menggunakan ban tipe race untuk harian sah-sah saja. Justru menurutnya, ban balap memiliki daya cengkram yang lebih baik saat di jalanankering. “Kecuali tipe slick tidak masalah, karena gripnya dapat, gagahnya juga dapat. Ban itu juga masih fully racing tire istilahnya masih street legal gitu,” jelasnya.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk

Mang Dody-begitu sapaan akrabnya-juga menambahkan, bila daya cengkram ban lebih bagus maka untuk cornering pun ban ini aman pada kondisi jalan kering. Hanya saja untuk tingkat keausan ban ini akan lebih cepat.

Baca juga : #DiRumahAja, Pirelli Beri 5 Tips Cara Mengurangi Penularan Covid-19

“Tapi, bukan berarti langsung jadi drop habis kayak ban formula 1 gitu. Asal tidak digeber-geber untuk nikung seperti di sirkuit, tidak banyak berbeda dengan yang standar,” ucapnya.

Meski begitu, ban ini kurang bagus jika dalam keadaan jalan basah atau kondisi hujan. Karena kembangan ban tipe balap tidak seperti ban standard.“Untuk digunakan dalam kondisi jalan yang benar-benar basah kurang mumpuni. Karena saat basah yang main tidak hanya compound ban saja, tetapi kembangannya ini untuk evakuasi air,”kata pria asal Lubuklinggau itu.

Andre Satrio, Manajer Motorsport Pirelli Asia,

Andre Satrio selaku Manajer Motorsport Pirelli Asia ikut menjelaskan,”Secara official Pirelli tidak merekomendasikan ban balap di pakai harian. Tapi jika konsumen tetap menggunakan ban balap sebagai ban harian, secara safety performance dipastikan jauh diatas ban harian dari sisi daya cengkram/grip dan handlingnya. Namun perlu dipastikan pilihlah ban balap pada pattern intermediate (bisa basah & kering) dapat dilihat dari Grove yang memiliki jarul buangan air,”jelasnya.

Dengan penjelasan tersebut, sebenarnya ban balap sah-sah saja untuk digunakan sehari-hari. Karena ban tipe ini memiliki lebih banya daya cengkram. Namun, kalian harus siap ganti ban dalam jangka waktu yang lebih cepat. Karena soft compound itu lebih cepat aus. Bagus Adit