Otoinfo.id – Tidak sedikit orang yang mengabaikan baut cakram pada motornya yang untuk sekedar mengecek. Bahkan situasi ini sering dialami oleh pengguna motor yang sibuk dan tidak ada waktu luang.
Namun perlu diketahui jika baut cakram kendur, itu bisa mengakibatkan piringan cakram atau disc brake peang. Pasalnya jika baut cakram kendur, piringan juga ikut kendur dan putarannya jadi tidak beraturan.
Baca Juga : Knalpot ZX-25R Kawahara Racing Pakai Pipa Lebih Kecil, Putaran Bawah Lebih Maksimal!
Oh ya, penyebab piringan peang juga tak hanya baut cakram yang kendur, kampas tipis atau habis juga bisa. Lalu penggunaan gembok atau terjatuh dan terbentur serta baut yang kendor juga bisa jadi faktor penyebab piringan peang.
Nah untuk mendeteksi piringan carkam peang, Dadang dari bengkel Saka Jaya Motor yang ada di daerah Banjarnegara, Jateng mengatakan, “Ketika tuas rem ditarik, rasanya ndut-ndutan, enggak halus seperti biasa,” ujarnya.
Baca Juga : Jadwal Lengkap MotoGP Valencia 2020 (6-8 November)
“Efeknya bahaya, rem jadi tidak pakem dan bisa bikin seal rem jebol kalau tidak segera diperbaiki atau diganti,” pungkasnya.
Lebih baiknya ya rutin mengecek agar tetap selamat dalam berkendara. Aji