Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Awas! Ini Gejala Air Radiator Bocor Masuk ke Ruang Bakar Mesin Mobil Kamu

Awas! Ini Gejala Air Radiator Bocor Masuk ke Ruang Bakar Mesin Mobil Kamu

Awas! Ini Gejala Air Radiator Bocor Masuk ke Ruang Bakar Mesin Mobil Kamu

Otoinfo.id – Salah satu masalah serius yang sering terjadi pada mobil dengan jam terbang tinggi adalah air radiator yang bocor ke ruang bakar mesin. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah radiator nyebrang, yaitu ketika air dari sistem pendingin menyusup ke dalam ruang pembakaran melalui celah gasket atau paking kepala silinder.

Kalau tidak segera dideteksi, masalah ini bisa menyebabkan kerusakan mesin yang lebih fatal, seperti overheat, mesin ngelitik, bahkan kerusakan permanen pada blok mesin.

Dari Mana Air Radiator Bisa Masuk ke Ruang Bakar?

Masuknya air radiator ke ruang bakar biasanya terjadi melalui:

1. Gasket Kepala Silinder Rusak

Gasket kepala silinder adalah penyekat utama antara blok mesin dan kepala silinder. Jika gasket ini retak, getas, atau sudah aus, air radiator bisa dengan mudah merembes masuk ke ruang bakar.

2. Kepala Silinder Melengkung

Kondisi ini biasanya terjadi karena overheat berulang, membuat permukaan silinder tidak lagi rata. Celah sekecil apapun bisa jadi jalur bocor bagi air radiator menuju ruang bakar.

Baca Juga:  Pentingnya Memperhatikan Tekanan Angin Ban Mobil Saat Musim Hujan

“Cara deteksi air radiator nyebrang bisa dilihat dari tutup radiator saat dibuka,” kata Apre, mekanik dari AP Speed, Bengkel di Jl. Raya Hankam, Bekasi.

Baca Juga: Keren, Drag Battle Yamaha Cup Race Bulukmba Pakai Ban IRC!

Ciri-Ciri Air Radiator Masuk ke Ruang Bakar

Ada beberapa gejala umum yang bisa jadi tanda air radiator masuk ke ruang bakar:

1. Air Menyembur Saat Starter

Saat tutup radiator dibuka dan mesin dinyalakan, air radiator akan menyembur ke luar, bukan hanya bergetar ringan. Ini pertanda ada tekanan dari ruang bakar yang bocor ke sistem pendingin.

Baca Juga:  Teknik Menikung Aman: Hindari Kecelakaan Saat Berkendara Motor

2. Knalpot Mengeluarkan Asap Putih

Asap putih tebal dari knalpot menunjukkan air terbakar bersama bahan bakar, khas gejala air radiator masuk ke ruang bakar.

3. Air Radiator Cepat Habis

Jika kamu sering mengisi ulang air radiator padahal tidak ada kebocoran fisik, kemungkinan besar air menguap lewat ruang bakar.

4. Mesin Pincang atau Tidak Stabil

Kombinasi antara kompresi yang bocor dan air masuk ke ruang bakar bisa bikin mesin tersendat, pincang, atau bahkan susah hidup.

Bahaya Membiarkan Radiator Bocor ke Ruang Bakar

Masalah ini tidak bisa dianggap remeh karena bisa menyebabkan:

  • Kerusakan pada piston dan ring piston
  • Kepala silinder retak atau melengkung
  • Overheat ekstrem
  • Oli tercampur air yang merusak pelumasan

Solusi dan Cara Perbaikan

Jika mobil kamu mengalami gejala seperti di atas, segera lakukan:

Baca Juga:  Tips Cara Merawat Motor Baru yang Perlu Diperhatikan!

1. Kompresi Test atau Cylinder Leak Test

Tes ini bisa mengetahui apakah ada kebocoran tekanan di ruang bakar.

2. Bongkar Gasket Kepala Silinder

Jika terbukti gasket rusak atau kepala silinder melengkung, solusinya adalah skir ulang atau ganti gasket baru.

Baca Juga: Hujan Tiap Hari? Ini 13 Cara Ampuh Merawat Motor agar Tetap Kinclong & Mesin Awet, Nomor 7 Sering Diabaikan!

3. Periksa Thermostat dan Tutup Radiator

Kadang kebocoran bisa juga dipicu oleh tekanan berlebih karena tutup radiator rusak atau thermostat macet.

Air radiator nyebrang ke ruang bakar adalah tanda serius yang perlu segera ditangani. Deteksi dini lewat gejala-gejala sederhana seperti air menyembur dari radiator atau asap putih bisa menyelamatkan mesin dari kerusakan total.

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.