Ban Diisi Nitrogen Ternyata…., Berikut Hasil Testnya

Sebelum digunakan untuk harian, ternyata nitrogen sudah digunakan untuk keperluan lain. Yakni untuk ban pesawat ulang-alik, ban pesawat terbang komersil, ban mobil balap hingga ban kendaraan militer.
“Karena sifat berbeda dan relatif stabil, awalnya nitrogen dipakai balap. Tahan pemuaian walaupun dipakai dalam jarak jauh dan speed tinggi,” terang Dodiyanto, Marketing Department New Product Development PT Gajah Tunggal Tbk. MT4

Penggunaan Harian
Bagaimana jika digunakan untuk harian? Karena kemampuannya tersebut, nitrogen yang merupakan gas yang memiliki sifat tak berbau (odorless), tak berwarna (colorless), tidak berasa (tasteless) justru banyak untungnya.
Salah satu keuntungan yang bisa diambil dari nitrogen yakni, sifat inert atau gas diatomik bukan logam yang stabil, dimana gas ini sangat sulit bereaksi dengan unsur dan senyawa lainnya, bahkan air sekaligus.

Artinya, ban yang saat ini banyak menggunakan anyaman kawat (logam) sebagai penguat dindingnya, “Tidak akan berkarat walau dipakai dalam waktu lama karena minim kandungan air. Uap air tersebut yang menyebabkan korosi,” lanjut Dodiyanto.

Selain itu, sifatnya stabil, “Membuat tekanan udara tidak cepat turun dan tahan pemuaian,” imbuh Firdaus, operator mesin nitrogen di salah satu SPBU Surabaya.

Suhu ban lebih dingin

Bahkan penggunaan nitrogen untuk ban, membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit. Menurut hasil riset dari Asosiasi Produsen Ban di Amerika, 1 dari 5 mobil di jalan memiliki setidaknya 1 ban yang mengalami kekurangan tekanan angin karena ketidakstabilan udara. Hal ini membuat tapak ban yang menempel pada aspal kian banyak. mesin pun memiliki beban lebih.

Bisa menggunakan tekanan lebih tinggi dari standar

Penggunaan nitrogen membuat tekanan ban lebih stabil sehingga dengan tekanan normal, tapak ban menempel lebih sedikit. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit hingga sekitar 3,3 persen.

Ciri Penggunaan Nitrogen
Bagaimana, sih ciri ban yang menggunakan nitrogen? “Umumnya setelah diisi nitrogen, tempat pengisian nitrogen untuk ban akan memberi tutup pentil berwana hijau. Itu secara visual,” tutur Firdaus.

Tutup pentil hijau jadi ciri visual yang paling mudah dilihat

Namun yang sering terjadi, tutup pentil hilang atau tetap menggunakan aslinya. “Paling mudah dilihat langsung. Jika menggunakan udara bebas, saat dibuka dan diberi penghalang, akan membentuk butiran air dalam jumlah banyak dan tidak kering,” sebutnya.

Udara biasa banyak mengandung air, nitrogen minim kandunan H2O

Sedangkan saat memakai nitrogen, “Uap airnya sedikit dan langsung kering. Bahkan jika sudah rutin dan lama memakai nitrogen, tidak mengandung uap air sama sekali. Selain itu jika terkena kulit, terasa lebih dingin,” lanjut Firdaus.

Berikut Hasil Tes
Dari hasil pengetesan pada ban IRC NF25 berukuran 80/90-17 pada tekanan ban 30 psi di motor New MegaPro didapat hasil sebagai berikut.

Dengan tekanan yang sama, menggunakan nitrogen jadi jauh lebih ringan