Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Begini nih! Cara Kerja Yamaha Nmax Turbo yang Tak Pakai Roller

Begini nih! Cara Kerja Yamaha Nmax Turbo yang Tak Pakai Roller

Otoinfo – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan Yamaha Nmax terbaru dengan embel-embel Turbo. Namun, apa yang dimaksud dengan Turbo pada skutik bongsor ini?

Antonius Widiantoro, Asisten General Manager Marketing & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan bahwa turbo pada Nmax bukanlah sistem induksi paksa yang menambah tenaga mesin dari gas buang kendaraan.

Melainkan, peningkatan performa mesin melalui teknologi baru Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) untuk mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru.

NMAX Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW pada 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm pada 6.500 Rpm.

Teknologi YECVT: Revolusi dalam Transmisi

Teknologi YECVT yang disematkan pada NMAX Turbo menggantikan sistem CVT konvensional tanpa menggunakan roller. YECVT menggunakan komponen elektronik yang bekerja fleksibel dan membantu akselerasi lebih instan.

Baca Juga:  STSJ Kasih Treatment Special Untuk Pengguna Yamaha Gold Generations

Fungsi roller pada CVT konvensional untuk menggerakkan puli primer digantikan dengan motor penggerak, sehingga proses perpindahan bisa diatur lebih efisien.

“YECVT adalah kuncinya. Fungsi roller yang biasa ada pada CVT konvensional untuk menggerakkan puli primer digantikan dengan motor penggerak.

Proses perpindahan bisa diatur, memungkinkan putaran lebih cepat dibandingkan roller konvensional yang memanfaatkan gaya sentrifugal,” ujar Antonius Widiantoro.

Keunggulan YECVT

  • Akselerasi Lebih Cepat: Penggunaan motor penggerak memungkinkan akselerasi lebih instan.
  • Efisiensi Penggunaan: Roller yang menyusut seiring pemakaian tidak lagi dibutuhkan, sehingga mengurangi periode penggantian komponen.
  • Fleksibilitas Pengaturan: Proses perpindahan dapat diatur sesuai kebutuhan, memberikan sensasi turbo yang diinginkan.
Baca Juga:  Berikut Tips Agar Motor Terhindar Dari Bahaya Kebakaran Saat Berkendara

Fitur Canggih Yamaha Nmax Turbo

Riding Mode

Yamaha NMAX Turbo dilengkapi dengan fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).

Mode berkendara ini dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang kemudi kiri, memberikan pengalaman berkendara yang lebih personal dan sesuai kebutuhan pengendara.

Y-Shift

Selain Riding Mode, terdapat juga fitur Y-Shift dengan tiga tingkatan pengoperasian: Low (1), Medium (2), dan High (3).

Tombol Y-Shift terletak di bawah stang kemudi kiri, memungkinkan pengendara menyesuaikan performa sesuai kondisi jalan dan kebutuhan berkendara.

Mesin Blue Core Generasi Terbaru

NMAX Turbo menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang sama dengan Lexi LX, namun ditingkatkan dengan YECVT dan diatur oleh Transmission Control Unit (TCU).

Baca Juga:  Honda Biz 125: Motor Bebek Unik dengan Desain dan Fitur yang Bikin Penasaran!

Kombinasi ini memastikan tenaga dan torsi yang optimal, serta efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Yamaha Nmax Turbo dengan teknologi YECVT memberikan performa yang lebih baik dan efisien dibandingkan dengan sistem CVT konvensional.

Dengan fitur Riding Mode dan Y-Shift, serta mesin Blue Core 155cc VVA, NMAX Turbo siap memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa. Inovasi ini menempatkan Yamaha Nmax Turbo sebagai salah satu skutik terbaik di kelasnya. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.