Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Bikin Supra X 125 Tangguh Nanjak Gunung! Ini Rahasia Settingan Mesin dan Karburatornya

Bikin Supra X 125 Tangguh Nanjak Gunung! Ini Rahasia Settingan Mesin dan Karburatornya

Bikin Supra X 125 Tangguh Nanjak Gunung! Ini Rahasia Settingan Mesin dan Karburatornya

Otoinfo.id – Banyak pemilik Honda Supra X 125 mengeluhkan motornya kurang bertenaga saat melibas tanjakan, terutama saat berboncengan atau membawa barang. Padahal di jalan datar, motor ini cukup gesit. Salah satu penyebab utamanya adalah setelan karburator yang kurang tepat.

Untuk menghadapi jalur menanjak, karburator Supra X harus disesuaikan agar suplai bahan bakar dan udara tetap optimal. Tidak hanya itu, penyetelan bagian mesin lainnya seperti kopling dan busi juga turut memengaruhi performa.

Rahasia Setting Karburator Biar Supra X Galak di Tanjakan

 Gunakan Prosedur Idle Drop

Pabrikan sudah menyetel air screw (sekrup udara) sejak awal. Namun jika karburator pernah dibongkar atau air screw diganti, perlu dilakukan penyetelan ulang menggunakan prosedur Idle Drop. Caranya:

  1. Putar sekrup udara searah jarum jam hingga duduk ringan.
  2. Gunakan vakum tester dan terapkan tekanan 66,7 kPa (500 mmHg) ke PAIR control valve.
  3. Nyalakan mesin, atur putaran langsam dengan throttle stop screw.

Penyetelan ini bertujuan agar campuran udara dan bahan bakar sempurna, serta tidak terlalu miskin (lean) saat dibutuhkan tenaga ekstra di tanjakan.

Baca Juga: Bikin Supra X 125 Nanjak Tanpa Nyerah! Ini Cara Setting Karburator yang Benar dan Irit

Baca Juga:  TVS Ronin Nimbus 2024: Versi Premium dengan Desain Spesial!

 Ganti Busi dan Periksa Pengapian

Sebelum menyetel karburator, pastikan busi dalam kondisi prima. Busi yang sudah aus akan membuat pembakaran tidak sempurna. Jika perlu, ganti busi terlebih dahulu. Pastikan juga jarak elektroda busi sesuai standar agar percikan api maksimal.

Upgrade Karburator atau Spuyer

Supra X 125 bawaan pabrik menggunakan karburator dengan venturi kecil. Untuk performa tanjakan, bisa ganti ke karburator Keihin PE28 atau Mikuni 26. Jika belum ingin ganti total, cukup ubah spuyer (main jet dan pilot jet) agar aliran bahan bakar lebih besar.

Baca Juga:  Wajib Tahu! Varian Terbaru Honda Beat 150 yang Bikin Semua Pecinta Motor Terpana!

 Modifikasi Ringan Lainnya Agar Makin Kuat Nanjak

Ganti Piston dan Setel Klep

Modifikasi piston dengan tipe ‘jenong’ bisa meningkatkan kompresi mesin. Ini cocok buat pengguna yang sering naik-turun daerah pegunungan. Jangan lupa setel celah klep agar tidak terlalu rapat atau longgar, karena ini berpengaruh besar pada tenaga mesin.

 Setel Kopling Biar Nggak Nyangkut

Keluhan kopling nyangkut atau bunyi ‘bletak’ sering terjadi pada Supra X 125 FI. Coba lakukan penyetelan ulang kopling di bak mesin sebelah kanan. Bila gigi sering susah masuk, penyetelan ini bisa membantu menyalurkan tenaga lebih responsif.

Baca Juga:  Honda E-VO Resmi Meluncur! Motor Listrik Cafe Racer Futuristik Mulai Rp67 Jutaan, Tembus 120 Km/Jam

Baca Juga: Cara Setel Karburator Honda Supra X 125 Biar Gak Loyo Nanjak: Panduan Gampang Bikin Motor Lebih Bertenaga!

 Tips Tambahan Agar Supra X 125 Makin Tangguh

  • Gunakan oli berkualitas tinggi dan rutin diganti.
  • Jangan lupa bersihkan filter udara secara berkala.
  • Perhatikan tekanan angin ban saat naik gunung agar traksi optimal.
  • Bawalah beban secara proporsional, jangan sampai overload.

Motor Bebek Bukan Halangan untuk Nanjak!

Dengan penyetelan yang tepat dan sedikit modifikasi ringan, Honda Supra X 125 bisa menjadi andalan saat menempuh medan menanjak. Tak perlu ganti motor trail, cukup maksimalkan potensi mesin bebek kamu. Yuk, coba tips di atas dan rasakan bedanya!

Sumber: https://www.affmotor.com/motor/honda/supra/cara-setting-karburator-honda-supra-x-125

 

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.