Otoinfo.id – Banyak pemilik Honda Supra X 125 mengeluhkan motornya kurang bertenaga saat melibas tanjakan, terutama saat berboncengan atau membawa barang. Padahal di jalan datar, motor ini cukup gesit. Salah satu penyebab utamanya adalah setelan karburator yang kurang tepat.
Untuk menghadapi jalur menanjak, karburator Supra X harus disesuaikan agar suplai bahan bakar dan udara tetap optimal. Tidak hanya itu, penyetelan bagian mesin lainnya seperti kopling dan busi juga turut memengaruhi performa.
Rahasia Setting Karburator Biar Supra X Galak di Tanjakan
Gunakan Prosedur Idle Drop
Pabrikan sudah menyetel air screw (sekrup udara) sejak awal. Namun jika karburator pernah dibongkar atau air screw diganti, perlu dilakukan penyetelan ulang menggunakan prosedur Idle Drop. Caranya:
- Putar sekrup udara searah jarum jam hingga duduk ringan.
- Gunakan vakum tester dan terapkan tekanan 66,7 kPa (500 mmHg) ke PAIR control valve.
- Nyalakan mesin, atur putaran langsam dengan throttle stop screw.
Penyetelan ini bertujuan agar campuran udara dan bahan bakar sempurna, serta tidak terlalu miskin (lean) saat dibutuhkan tenaga ekstra di tanjakan.
Baca Juga: Bikin Supra X 125 Nanjak Tanpa Nyerah! Ini Cara Setting Karburator yang Benar dan Irit
Ganti Busi dan Periksa Pengapian
Sebelum menyetel karburator, pastikan busi dalam kondisi prima. Busi yang sudah aus akan membuat pembakaran tidak sempurna. Jika perlu, ganti busi terlebih dahulu. Pastikan juga jarak elektroda busi sesuai standar agar percikan api maksimal.
Upgrade Karburator atau Spuyer
Supra X 125 bawaan pabrik menggunakan karburator dengan venturi kecil. Untuk performa tanjakan, bisa ganti ke karburator Keihin PE28 atau Mikuni 26. Jika belum ingin ganti total, cukup ubah spuyer (main jet dan pilot jet) agar aliran bahan bakar lebih besar.
Modifikasi Ringan Lainnya Agar Makin Kuat Nanjak
Ganti Piston dan Setel Klep
Modifikasi piston dengan tipe ‘jenong’ bisa meningkatkan kompresi mesin. Ini cocok buat pengguna yang sering naik-turun daerah pegunungan. Jangan lupa setel celah klep agar tidak terlalu rapat atau longgar, karena ini berpengaruh besar pada tenaga mesin.
Setel Kopling Biar Nggak Nyangkut
Keluhan kopling nyangkut atau bunyi ‘bletak’ sering terjadi pada Supra X 125 FI. Coba lakukan penyetelan ulang kopling di bak mesin sebelah kanan. Bila gigi sering susah masuk, penyetelan ini bisa membantu menyalurkan tenaga lebih responsif.
Tips Tambahan Agar Supra X 125 Makin Tangguh
- Gunakan oli berkualitas tinggi dan rutin diganti.
- Jangan lupa bersihkan filter udara secara berkala.
- Perhatikan tekanan angin ban saat naik gunung agar traksi optimal.
- Bawalah beban secara proporsional, jangan sampai overload.
Motor Bebek Bukan Halangan untuk Nanjak!
Dengan penyetelan yang tepat dan sedikit modifikasi ringan, Honda Supra X 125 bisa menjadi andalan saat menempuh medan menanjak. Tak perlu ganti motor trail, cukup maksimalkan potensi mesin bebek kamu. Yuk, coba tips di atas dan rasakan bedanya!
Sumber: https://www.affmotor.com/motor/honda/supra/cara-setting-karburator-honda-supra-x-125
More Stories
Scoopy Prestige 2023 Review: Fitur Smart Key & Desain Premium, Harga Sekitar Rp23‑24 Juta
Scoopy Prestige 2023: Skutik Elegan dengan Smart Key & Hemat BBM hingga 59 km/l
Aksesoris dan Tips Perawatan Honda Stylo 160: Bikin Motor Tampil Keren dan Awet