Bukan Hoax, Indonesia Resmi Gelar WSBK Dan MotoGP Tahun 2021

Otoinfo.id – Banyak yang menuding Indonesia akan menggelar hajatan balap motor tingkat dunia hanya hoax. Namun kini semua bisa dibantah. Pasca GP Australia tahun lalu (Oktober 2018), Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta dan putranya yakni dan Carlos selaku Sporting Director di MotoGP datang ke Lombok untuk survei lokasi sirkuit sekaligus wisata.

Setelah sebelumnya survei dilakukan di Palembang yakni bekas arena Asian Games, di tolak oleh Hermann Tilke lantaran akses yang kurang mendukung. Sehingga disepakati Lombok yakni Mandalika akan dibuat proyek pembuatan sirkuit balap motor international.

ITDC, perusahaan pariwisata terbesar di Indonesia dan Dorna Sports SL telah sepakat akan menggelar Kejuaraan Dunia FIM Superbike dan Kejuaraan Dunia MotoGP FIM di Indonesia pada tahun 2021.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Carmelo Ezpeleta dan Abdulbar M. Mansoer, CEO ITDC, di kantor pusat Dorna di Madrid. Drs. Hermono MA selaku duta besar Indonesia untuk Spanyol juga turut hadir atas penandatangan perjanjian kontrak Kejuaraan Dunia FIM Superbike dan seri balap MotoGP akan diadakan sesuai rencana di Pulau Lombok di pusat wisata besar Mandalika.

“Kami sangat gembira tentang kemitraan baru dengan Dorna. Kami berharap dapat membawa balap motor tingkat dunia kembali ke Indonesia, khususnya ke Pulau Lombok dan Mandalika,” jelas Abdulbar M. Mansoer, CEO ITDC.

Tentunya CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta merasa sangat senang. “Ini akan menjadi proyek yang unik karena kami akan memiliki sirkuit kelas dunia di Indonesia. Dan di negara di mana orang-orang tergila-gila dengan MotoGP. Indonesia juga merupakan pasar sepeda motor yang penting. juga mengintegrasikan Lombok ke dalam Kejuaraan Dunia Superbike, penggemar tuan rumah akan melihat 2 acara kalender dunia setahun,” jelas Carmelo.

Balap motor tingkt dunia terakhir kali diadakan di Indonesia pada tahun 1996 dan 1997 di di Sirkuit Sentul.

Dengan resminya penandatanganan kontrak antara ITDC dan Dorna, secara otomatis musim 2021 akan ada 20 seri MotoGP ditambah dengan Indonesia. Selain Indonesia, Mexico City, Portugal (Portimão) serta Rio (Brazil) dan Kymi-Ring (Finland) juga tertarik menjadi tuan rumah MotoGP 2021. MT4

Baca Juga : MotoGP: Dorna Kunjungi Lombok, Isyarat Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP?