Efek Buruk Penyampuran Pertalite dan Pertamax! Bisa Bikin Mesin Ngelitik

Terlalu Lama Bekerja di Rumah, Awas Bensin Jadi Basi

Otoinfo.id – Bahan bakar yang sering digunakan pengendara saat ini yaitu Pertalite dan Pertamax. Kedua jenis ini memiliki harga dan kandungan yang berbeda. Namun banyak pengendara motor yang sering berganti jenis bahan bakar, sehingga ada kemungkinan percampuran kedua jenis ini di dalam tangki.

Nah dari pencampuran kedua jenis bahan bakar ini bisa berdampak buruk untuk mesin kendaraan. Hal ini disebabkan karena perbedaan kandungan dalam bahan bakar, seperti oktan masing-masing jenis berbeda.

Baca juga: Leon Chandra Mekanik Handal Era Injeksi, Jadi Chief Technical Support Brisk

Mencampur Pertalite dan Pertamax bisa menghasilkan efek buruk pada mesin. Alih-alih mendapatkan oktan yang lebih tinggi, justru akan menghilangkan sejumlah kandungan tambahan yang ada pada Pertamax.

Proses pembakaran akan berjalan dengan tidak optimal, karena kedua bahan yang berbeda telah tercampur. Untuk jangka lama, mesin akan mengalami knocking atau ngelitik.

Baca juga : Drag Bike 2020: Apa Kabar MX King Jawara Bebek 200 Injeksi IDC Seri 1?

Percampuran bahan balar Pertalite dan Pertamax sangat tidak dianjurkan apa lagi untuk motor keluaran terbaru yang sudah menggunakan sistem injeksi.

Jadi sebelum terlambat, kalian lebih baik menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan sesuai dengan yang disarankan pabrikan ya Sob. Oke! Bagus Adit