Fiat 500 Ibrida! Mobil Hibrida Terbaru Fiat Akan Diluncurkan pada 2026, Diproduksi di Italia

Fiat 500 Ibrida! Mobil Hibrida Terbaru Fiat Akan Diluncurkan pada 2026, Diproduksi di Italia

OtoinfoFiat, produsen mobil asal Italia, berencana meluncurkan mobil hibrida terbaru mereka, Fiat 500 Ibrida, pada awal tahun 2026. Peluncuran ini akan menjadi momen penting sekitar 18 tahun setelah diperkenalkannya Fiat 500 yang ikonik, sebuah mobil perkotaan laris dengan mesin berbahan bakar minyak.

Fiat 500 Ibrida diperkirakan akan menggunakan mesin Firefly 1,0 liter tiga silinder, mesin yang saat ini juga digunakan pada model Fiat 500. Keputusan ini mencerminkan upaya Fiat untuk mempertahankan efisiensi dan kinerja yang telah dikenal dari model sebelumnya, sambil mengadopsi teknologi hibrida untuk kebutuhan mobilitas modern.

Baca Juga:   Nissan Juke EV dan Qashqai Generasi Baru Dibuat di Inggris

Salah satu langkah strategis yang dilakukan Fiat adalah memindahkan produksi kendaraan dari pabrik mereka di Tychy, Polandia, ke fasilitas manufaktur di Mirafiori, Italia. Pabrik ini juga menjadi tempat produksi Fiat 500e, versi listrik dari mobil perkotaan tersebut.

CEO Fiat, Olivier Francois, menekankan bahwa keputusan ini diambil untuk meningkatkan jumlah Fiat 500 di jalanan Italia serta memenuhi kebutuhan konsumen lokal. “500 Ibrida memiliki nama Italia, akan dikembangkan dan dirancang di Turin dan dengan bangga dibuat di Mirafiori,” ujar Francois.

Baca Juga:   All New CR-V 2.0L RS e:HEV, SUV Premium dengan Mesin Hybrid

Ia juga menambahkan bahwa Mirafiori memiliki peran strategis bagi perusahaan, sehingga Fiat akan terus berinvestasi di Italia, khususnya di Mirafiori. Fiat 500 Ibrida akan menggunakan komponen-komponen yang diproduksi di berbagai pabrik milik Stellantis, perusahaan induk Fiat.

Mesin akan diproduksi di pabrik Termoli, knalpot dibuat di Napoli, dan gearbox dirakit di Mirafiori. Hal ini menunjukkan komitmen Fiat untuk memanfaatkan sumber daya lokal dan meningkatkan produksi dalam negeri.

Baca Juga:   "Perang Kenyamanan: Toyota Agya GR Sport vs Honda Brio RS"

Pemindahan produksi dari Polandia ke Italia juga didorong oleh lemahnya penjualan Fiat 500e di pasar Italia. Francois menyebutkan bahwa 90 persen produksi dari pabrik di Mirafiori diekspor ke luar negeri. Strategi ini memungkinkan Fiat untuk membebaskan ruang di pabrik Tychy, yang akan digunakan oleh Stellantis untuk memproduksi mobil listrik Leapmotor T03 di masa depan.