OtoInfo.Id– Kabar burung berhembus jika IRC Tire akan mundur sebagai sponsor Motoprix 2019. Alasan menarik diri dari sponsor Motorprix jika belum ada deal yang menguntungkan kedua belahpihak antara IRC dengan IMI.
Dikabarkan bahwa nilai sponsorship di Motorprix minta naik menjadi Rp1 Milyar. “Pemberitahuan secara resmi (pemberitahuan perihal jumlah dana sponsor) dari pihak IMI memang belum ada. Namun mediator menyampaikan kepada saya bahwa permintaan dana minimal untuk sponsor Motorprix 2019 adalah Rp 1 Milyar,“ jelas Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk produsen Ban IRC.

Kenaikannya cukup luar biasa mengingat tahun lalu IRC menggelontorkan dana untuk sponsor Motorprix mencapai angka Rp 500-600 juta. Jika memang tahun ini menjadi Rp 1 Milyar berarti angka kenaikkannya nyaris 100%. Wow.
“Ini tahun politik. Manajemen keberatan dengan adanya kenaikan dana sponsor dibanding tahun lalu,“ imbuh Dodiyanto.

Keberatan IRC tersebut jelas masuk akal mengingat jumlah kenaikannya cukup banyak. Tentunya ini membutuhkan negosiasi ulang supaya terjadi kesepakatan yang menguntungkan keduanya. Apa susahnya melakukan renegosiasi ulang. Bahkan sekelas negara seperti Inggris saja bisa melakukan negosiasi dengan Uni Eropa perihal Brexit.

Nah, jika IRC menarik diri menjadi sponsorship Motorprix tentunya akan ada perubahan perihal sponsor ban. Motorprix bisa berlaku regulasi single tyre supplier alias hanya menggunakan 1 jenis merek ban. Dan kemungkinan besar yang mengincar peluang ini adalah Pirelli.
Namun justru penggunaan 1 merek ban sangat tidak bagus. Tidak ada persaingan pengembangan ban dari pabrikan lain. Dodiyanto ingin agar semua pabrikan ban terlibat baik dalam sponsorship maupun development.

“Kami ingin semua ban lokal diberdayakan. Bahkan saya setuju jika IRC, FDR dan Pirelli terlibat dalam sponsor balap Motoprix 2019. Ini sangat memberdayakan industri tanah air, “tegas Dodiyanto. Namun keputusan IRC mundur dari sponsor Motorprix belum final. “Yang pasti, kami sangat terbuka untuk melakukan negosiasi dengan IMI. Kita tidak akan memaksakan kehendak. Perusahaan besar tentu ada platform budget yang sudah ditentukan,” sebut Dodiyanto.

Toh, walaupun IRC terpaksa mundur dari Motorprix, tentu tidak akan tinggal diam. Sebab IRC akan tetap mengaspal di balapan motor dengan mensponsori gelaran one make race seperti Yamaha Cup Race, Yamaha Sunday Race dan open tournament seperti Sumatera Cup Prix dan Kejurda Jatim. MT4
More Stories
Hafid Pratama Menang di Race 1 SCP1, Pacu 125Z JPNW!
Favio Varossi Jalani Musim Terakhir di Pocket Bike, Fokus ke Balap Bebek Mulai 2026
Inilah Starting Grid Race SCP1, Alfi Husni Terdepan! Bagaimana Pembalap Lainnya?