Otoinfo – GWM (Great Wall Motors) menegaskan posisinya sebagai perusahaan otomotif yang fokus pada perkembangan teknologi modern.
Dengan mengungkapkan pencapaian terbarunya: sebuah sepeda motor bermesin “flat-delapan” yang dilengkapi dengan delapan silinder.
Langkah ini menandai keberadaan GWM sebagai salah satu perusahaan otomotif asal China pertama yang memperkenalkan mesin dan transmisi modern buatannya.
Meski mesin flat-eight bukanlah hal baru dalam dunia otomotif, namun langkah GWM untuk menerapkannya pada sepeda motor menunjukkan ambisi besar perusahaan ini dalam menghadirkan teknologi canggih dalam industri sepeda motor.
Dibandingkan dengan Honda Gold Wing yang menggunakan mesin enam silinder berkapasitas 1.833 cc, GWM berencana menghadirkan mesin yang lebih bertenaga dengan kapasitas mendekati 2.000cc.
Salah satu poin penting dari mesin ini adalah penggunaan DOHC (Double Overhead Cam), yang berbeda dengan mesin Gold Wing yang menggunakan SOHC (Single Overhead Cam).
Diharapkan, pengaturan ini akan memberikan penyebaran energi yang lebih optimal pada putaran mesin tinggi, sementara ukuran mesin yang besar akan memberikan daya dorong yang lebih baik pada putaran mesin rendah.
Selain itu, GWM juga sedang mengembangkan sistem transmisi otomatis serupa dengan DCT yang digunakan oleh Honda pada sepeda motor terbaru mereka seperti Gold Wing, Afrika Twin, dan X-ADV 750.
Kabar tersebut semakin menegaskan komitmen GWM dalam menghadirkan teknologi terkini dalam industri sepeda motor.
Meskipun belum ada kabar resmi mengenai ketersediaan sepeda motor GWM ini di pasar atau kemungkinan kolaborasi dengan produsen sepeda motor Tiongkok lainnya untuk mengembangkan mesin baru ini, namun langkah GWM ini tetap menjadi pertanda besar bagi Tiongkok dalam memasuki era sepeda motor modern secara global.
Dalam dunia balap, meski GWM belum meraih kesuksesan di lintasan, namun dedikasi mereka dalam mengembangkan teknologi canggih untuk sepeda motor menunjukkan bahwa perusahaan ini siap bersaing di kancah global.
Dengan langkah-langkah progresif ini, GWM (Great Wall Motors) menegaskan dirinya sebagai pelopor dalam menghadirkan teknologi canggih dalam industri sepeda motor, serta membuka peluang baru bagi Tiongkok untuk bersaing secara global dalam pasar sepeda motor modern. Otoinfo.
More Stories
Koil Mobil Bermasalah Bikin Busi Jadi Cepat Mati, Apa Benar?
Fitur Honda Goldwing Terbaru: Suspensi Elektronik, Mode Berkendara dan Tangki 21 Liter—Apa Saja Keunggulannya?
Honda Goldwing 2025: Motor Touring 6-Silinder Shaft Drive dengan Ground Clearance 129 mm