Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Honda BeAT, Motor Irit Ramah Lingkungan yang Makin Canggih! Simak Cara Rawat Mesinnya agar Tetap Prima di Segala Cuaca

Honda BeAT, Motor Irit Ramah Lingkungan yang Makin Canggih! Simak Cara Rawat Mesinnya agar Tetap Prima di Segala Cuaca

Honda BeAT, Motor Irit Ramah Lingkungan yang Makin Canggih! Simak Cara Rawat Mesinnya agar Tetap Prima di Segala Cuaca

Otoinfo.id – Honda BeAT adalah salah satu skuter matik paling populer di Indonesia. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2008 oleh PT Astra Honda Motor, motor ini langsung mencuri perhatian berkat bodinya yang ramping, desain sporty, dan konsumsi bahan bakar yang irit. Kini, Honda BeAT sudah memasuki generasi kelima dengan berbagai fitur canggih seperti rangka ESAF hingga sistem keyless.

Perjalanan Evolusi Honda BeAT

Honda BeAT Karburator (2008–2012)

Generasi pertama hadir dengan desain compact dan sporty. Perubahan hanya dilakukan pada striping selama masa produksinya.

Baca Juga: Honda BeAT Dapat Warna Baru! Tipe Deluxe dan Street Kini Makin Stylish, Ini Daftar Harganya

Honda BeAT PGM-FI (2012–2014)

Mulai beralih ke sistem injeksi (PGM-FI), yang membuat konsumsi bahan bakar semakin hemat dan lebih ramah lingkungan.

Honda BeAT eSP & BeAT Pop (2014–2019)

Dibekali teknologi eSP dan ISS, Honda BeAT makin efisien dan modern. Varian Beat Pop hadir dengan desain bodi yang lebih berani dan berbeda.

Baca Juga:  Rahasia Terungkap: Honda Scoopy, Skuter Matic Paling Irit dan Stylish yang Bikin Tergoda!

Honda BeAT eSP & BeAT Street (2016–2020)

Menyambut penjualan ke-10 juta unit, Honda meluncurkan model baru dengan sistem pengereman CBS dan desain agresif.

Honda BeAT & BeAT Street Generasi Keempat (2020–2024)

Menggunakan rangka ESAF yang ringan dan kokoh, serta lampu utama LED yang efisien.

Generasi Terbaru 2024–Sekarang

Honda BeAT generasi kelima hadir dengan major facelift, fitur keyless, serta tetap mempertahankan rangka ESAF yang membuat manuver lincah dan stabil.

Baca Juga: New Honda BeAT & BeAT Street Tampil Makin Kece! Warna & Striping Baru Bikin Makin Stylish dan Irit!

Desain & Performa: Ramping tapi Bertenaga

Desain Kompak untuk Perkotaan

Honda BeAT tetap mempertahankan desain rampingnya, memudahkan pengguna bermanuver di jalanan padat. Lampu depan berdesain tajam, bagasi luas, dan jok rendah menjadi nilai plus.

Spesifikasi Mesin

Honda BeAT mengusung mesin 110cc, 4-langkah SOHC berpendingin udara. Tenaga maksimalnya mencapai 8,68 PS pada 7.500 rpm dan torsi 9,01 Nm pada 6.500 rpm. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 63 km/liter (varian ISS), membuatnya menjadi salah satu motor matic paling irit.

Baca Juga:  Motor Baru Honda Pop 110i 2025: Spesifikasi, Desain, dan Harga

Fitur Modern dan Aman

  • ACG Starter: Mesin menyala tanpa suara
  • Idling Stop System (ISS): Mesin otomatis mati saat berhenti lebih dari 3 detik
  • Combi Brake System (CBS): Pengereman lebih aman
  • Brake Lock & Side Stand Switch: Fitur keselamatan ekstra
  • Secure Key Shutter: Kunci magnet anti maling

Cara Merawat Honda BeAT agar Mesin Tetap Prima di Segala Cuaca

1. Ganti Oli Secara Berkala

Pastikan oli mesin diganti setiap 2.000–3.000 km untuk menjaga pelumasan dan mencegah keausan.

2. Servis Rutin di Bengkel Resmi

Servis di AHASS setiap 4.000 km atau sesuai jadwal di buku servis. Pastikan sistem injeksi, kelistrikan, dan rem dicek secara berkala.

3. Periksa Tekanan dan Kondisi Ban

Tekanan angin harus sesuai standar. Ban yang kempes atau aus bisa mengganggu kenyamanan dan keselamatan.

4. Cek Busi dan Filter Udara

Busi yang kotor atau aus bisa mengganggu performa mesin. Filter udara yang bersih membantu pembakaran lebih sempurna.

Baca Juga:  Tanpa Disadari, Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Busi Motor Cepat Rusak!

5. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Gunakan bensin dengan oktan minimal RON 90 agar pembakaran lebih optimal dan mesin awet.

Penghargaan Emisi Terendah dari Kementerian Lingkungan Hidup

Honda BeAT juga dikenal sebagai motor ramah lingkungan. Varian All New Honda BeAT-FI mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup karena memiliki emisi gas buang paling rendah di antara 10 model dari berbagai merek motor lainnya.

Data Emisi Honda BeAT-FI:

  • CO: 0,143 gr/km
  • HC: 0,042 gr/km
  • NOx: 0,031 gr/km

Honda BeAT Tetap Jadi Andalan di Segala Cuaca

Dengan desain ramping, mesin irit, fitur canggih, dan perawatan yang mudah, Honda BeAT tetap menjadi skuter pilihan utama masyarakat Indonesia. Cocok digunakan harian, baik untuk pelajar, pekerja kantoran, maupun ibu rumah tangga.

Rawat dengan baik, maka Honda BeAT akan jadi teman setia di segala cuaca!

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.