Hyundai New Kona EV Dijual Rp 500 Jutaan! Apakah Harga Ini Realistis?

Hyundai New Kona EV Dijual Rp 500 Jutaan! Apakah Harga Ini Realistis?

Otoinfo – Sinyal kehadiran All New Hyundai Kona EV semakin kuat terdengar di Indonesia. Mobil listrik ini digadang-gadang akan menyasar segmen harga Rp 500 jutaan. Angka ini dinilai cukup kompetitif dalam menghadapi serbuan SUV EV asal Tiongkok yang umumnya dibanderol di bawah Rp 500 juta.

Pihak Hyundai Motor Indonesia (HMID) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Hyundai di Indonesia hanya memberikan bocoran terkait kisaran harga tersebut, namun belum merilis harga jual resmi. Meskipun demikian, informasi mengenai harga mobil ini sudah mulai muncul di situs Samsat PKB Jakarta. Tercatat ada empat varian dengan nama New Kona yang terdaftar:

  • NEWKONA EV4X2AT-PRIM dengan harga Rp 421.000.000
  • NEWKONA EV4X2AT-SIGN di angka Rp 436.000.000
  • NKONAEV4X2AT-PRIMEXN di Rp 455.000.000
  • NKONA4X2AT-SIGNEXN di banderol Rp 470.000.000
Baca Juga:   Kembali Menggebrak Pasar! Mobil Listrik BYD dengan SUV Canggih, Yuan UP, Siap Rilis Maret 2024

Dari daftar tersebut, diduga terdapat varian New Kona EV Prime dan Signature Standard Range, serta varian New Kona EV Prime Extended dan New Kona Signature Extended Long Range. Meski harga yang tercatat masih di bawah Rp 500 juta, perlu diingat bahwa ini belum termasuk pajak dan biaya lainnya sehingga belum merupakan harga on the road (OTR).

Baca Juga:   Hyundai Kona Electric! SUV Listrik Futuristik dengan Performa Optimal dan Desain Modern

Untuk memperkirakan harga OTR, kita dapat membandingkan dengan harga mobil EV lainnya. Sebagai contoh, Hyundai Ioniq 5 varian terendah tercatat di situs Samsat PKB Jakarta seharga Rp 512 juta, namun dijual OTR Jakarta sekitar Rp 782 juta. Sebagai pembanding lain, Chery Omoda E5 memiliki harga OTR Jakarta Rp 498,8 juta, sementara di situs Samsat PKB Jakarta mobil CKD ini tercatat seharga Rp 347 juta.

Baca Juga:   Honda CB150R Streetfire: Sport Naked 150cc Andalan dari AHM!

Dari perbandingan tersebut, terlihat bahwa ada selisih signifikan antara harga tercatat di Samsat dan harga OTR. Dengan demikian, sangat mungkin bahwa harga jual Hyundai All New Kona EV akan berada di atas Rp 500 juta setelah biaya-biaya tambahan diperhitungkan.