Hyundai Pony: Mobil Ikonik yang Membawa Korea Selatan ke Panggung Dunia Otomotif

Hyundai Pony Mobil Ikonik yang Membawa Korea Selatan ke Panggung Dunia Otomotif

Otoinfo – Sebelum tren mobil listrik menjadi arus utama seperti sekarang, Salah satu model yang sangat berpengaruh adalah Hyundai Pony, mobil pertama yang diproduksi massal dan diekspor oleh Korea Selatan. Hyundai telah lebih dulu menciptakan mobil ikonik yang menandai awal perkembangan industri otomotif Korea Selatan.

Dirilis pada tahun 1974, Hyundai Pony dengan cepat menjadi favorit di tanah airnya berkat desainnya yang unik dan autentik. Keberhasilannya tidak hanya terbatas pada popularitas domestik; pada tahun 1976, Hyundai Pony menguasai 44 persen pangsa pasar mobil di Korea Selatan.

Baca Juga:   Binguo EV Jadi Raja Baru: Persaingan Ketat Mobil Listrik di RI!

Mobil ini juga menjadi pilihan pertama bagi banyak konsumen, membuka jalan bagi Hyundai untuk mengeksplorasi pasar internasional.

Hyundai tidak berhenti di situ. Mereka juga memperkenalkan Hyundai Pony Coupe Concept, yang menghadirkan desain eksterior berani dan futuristis. Dengan profil geometris yang khas, Pony Coupe Concept tampil sebagai terobosan yang membedakannya dari kendaraan lain di era tersebut. Keduanya, Hyundai Pony dan Pony Coupe Concept, menjadi batu loncatan penting dalam sejarah perusahaan.

Baca Juga:   Kenyamanan Berkendara Ditingkatkan dengan New Corolla Altis

Pengaruh Pony dan Pony Coupe Concept terus dirasakan hingga kini. Kedua model ini telah menjadi inspirasi bagi berbagai lini produk Hyundai, termasuk Hyundai Ioniq 5. Mobil listrik modern ini mengambil inspirasi dari filosofi dan desain visual Pony Coupe Concept.

Mengusung gaya bodi monocoque dan desain aerodinamis, Ioniq 5 dirancang untuk mendobrak batasan dalam industri otomotif dengan pendekatan inovatif di setiap aspeknya.

Baca Juga:   Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5! Kombinasi Kekuatan dan Kesenangan Berkendara di Jalan Tanah Air

Hyundai Ioniq 5 menjadi mobil listrik pertama Hyundai yang menggunakan platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform ini memungkinkan Ioniq 5 dilengkapi dengan baterai besar berkapasitas 58 kWh untuk Standard Range dan 72,6 kWh untuk Long Range. Selain itu, E-GMP mendukung berbagai teknologi pengisian daya, termasuk pengisian ultra cepat.