Yamaha Indonesia Siap Luncurkan Motor dengan Mesin Turbo: Inovasi Terkini di Dunia Otomotif

Yamaha Indonesia Siap Luncurkan Motor dengan Mesin Turbo Inovasi Terkini di Dunia Otomotif

OtoinfoYamaha Indonesia dikabarkan akan segera meluncurkan motor dengan teknologi mesin turbo dalam waktu dekat. Hal ini terungkap setelah teaser motor tersebut muncul di akun media sosial resmi Yamaha.

Meskipun belum ada pernyataan resmi dari pihak Yamaha Indonesia hingga berita ini ditayangkan, antusiasme penggemar otomotif sudah tinggi menantikan inovasi terbaru ini.

Penggunaan turbocharger pada mesin kendaraan sudah menjadi keharusan di industri mobil, bertujuan untuk menekan emisi gas buang dan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Baca Juga:   Terlihat di Yamaha Enduro Challenge 2023 Bandung Yamaha WR155R Jago Ditikungan !

Selain itu, turbocharger memberikan keuntungan dalam hal peningkatan tenaga mesin meski dengan kapasitas yang kecil. Namun, pemanfaatan turbocharger masih jarang diadopsi oleh pabrikan motor.

Yamaha menjadi salah satu pelopor dengan mengembangkan turbocharger untuk sepeda motor, yang diharapkan akan menjadi sumber tenaga di model-model masa depan mereka.

Proyek pengembangan mesin turbo oleh sebenarnya sudah dimulai sejak 2017. Bahkan, jauh sebelumnya, pada 1982-1984, Yamaha pernah memproduksi mesin 4 silinder turbocharged XJ650 dengan kapasitas 653cc yang mampu menghasilkan tenaga 90 hp pada 9.000 rpm.

Baca Juga:   Perbandingan Honda Giorno+ dan Yamaha Grand Filano

Untuk pengembangan kali ini, Yamaha berfokus pada tata letak turbo pada mesin. Dengan dimensi yang lebih kecil, penempatan turbo pada mesin sepeda motor menjadi tantangan tersendiri.

Yamaha sempat bereksperimen dengan menempatkan turbo di dalam knalpot, meskipun pada akhirnya mereka memilih lokasi yang lebih konvensional di dekat manifold, seperti lazimnya di industri otomotif. Pilihan ini terkait dengan biaya serta kemudahan instalasi saat produksi.

Baca Juga:   Fitur Unggulan Yamaha R1M Sebagus Apa? Mari Simak!!

Salah satu tantangan besar penggunaan turbo di mesin sepeda motor adalah masalah keselamatan. Turbo membuat akselerasi mesin semakin agresif, yang bisa berbahaya jika tidak dikendalikan dengan baik oleh pengendara.