Jangan Asal Bore Up Mesin! Salah Hitung Bisa ‘Ambyar’

Contoh dari salahnya perhitungan dan kualitas oli yang kurang baik

Otoinfo.id – Meningkatkan tenaga sepeda motor dengan cara bore up adalah pilihan yang sering digunakan. Hal ini memang terbukti efektif membuat motor lebih bertenaga dan kencang, tapi jika asal bore up bisa jadi ‘ambyar’ lho!

Seperti yang dikatakan Jovan mekanik Alkhadafi Motor, saat ingin melakukan bore up harus ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

“Yang jelas pemilihan blok atau pemilihan ukuran piston. Lalu, ,sudah pasti dari coak piston, penentuan kompresi juga jangan sampai salah. Jangan kegedean atau kekecilan,” ucap Jovan.

Baca juga : Tips: Rem Tromol Masih Bunyi Padahal Kampas Baru? Ini Biangnya!

Kemudian dari pemilihan ukuran juga harus diperhatikan, jika pemilihan ukuran salah bisa-bisa motor menjadi kurang bertenaga bahkan bisa dibilang buang-buang uang saja.

“Kemudian dari segi perhitungan harus pas, kalau cuma mengandalkan ukuran besar belum tentu bisa kencang, bisa jadi tenaga tidak bertambah. Pada pemilihan ukuran memang harus diperhitungkan sesuai kegunaan,” jelasnya.

Baca juga : Jangan Sepelekan Air Radiator! Ada Umur Pemakaiannya

Lalu dari segi setting seperti timming dan kompresi harus benar, jika dalam perhitungan ini asal-asalan motor bisa jadi ‘ambyar’ atau jebol.

“Pas settingnya juga harus benar, kalau timmingnya tidak pas ya bisa jebol. Nah pada intinya harus diperhitungkan dengan benar. Lalu jika ada pembesaran kapasitas harus juga memperhatikan kualitas oli, agar mesin motor tetap aman,” tambahnya. Bagus Adit