Otoinfo.id – Spion elektrik kini menjadi fitur standar di banyak mobil modern, termasuk mobil bekas kesayangan Anda. Namun, sayangnya banyak pengguna belum tahu bahwa cara merawat spion elektrik itu sangat mudah dan bisa dilakukan tanpa alat khusus. Salah satu kuncinya adalah jangan malas menggerakkan spion!
Kalau tidak dirawat dengan benar, komponen dalam spion bisa macet atau bahkan rusak permanen. Simak tips merawat spion elektrik dari para teknisi berpengalaman berikut ini.
Sering Digerakkan Agar Pelumas Tidak Lengket
Menurut Uus dari Rifai Variasi di Mal Blok M, Jakarta Selatan, gerakan sederhana bisa memperpanjang umur spion elektrik. Ia menyarankan agar spion sering digerakkan, baik secara manual melalui tombol elektrik atau saat membuka dan menutup mobil.
“Dengan sering digerakkan, pelumas di dalam mekanisme spion akan tetap tersebar rata dan tidak lengket,” ujar Uus.
Jika pelumas mengering atau menggumpal karena jarang digerakkan, maka gigi motor penggerak akan sulit bergerak. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sistem spion elektrik.
Baca Juga: Jangan Sampai Ketinggalan! Begini Cara Aktifkan Fitur Anti Maling Honda BeAT Pakai Kunci Kontak
Hindari Mengatur Kaca Spion Secara Paksa
Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah mengatur posisi kaca spion dengan tangan. Menurut Pramanandana dari bengkel Auto Look, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, kebiasaan ini sangat berisiko.
“Jangan tekan spion elektrik secara manual karena bisa mematahkan gigi motor penggeraknya,” jelasnya.
Gigi motor spion ini umumnya terbuat dari plastik dan cukup rapuh. Tekanan dari luar bisa menyebabkan patah atau aus sebelum waktunya.
Jangan Paksa Lipat Spion Retract Secara Manual
Spion elektrik dengan fitur retractable juga rentan rusak jika sering dilipat paksa atau terkena benturan. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada motor retract dan memerlukan penggantian unit baru.
“Kalau gigi di motor retract pecah, spion tidak akan bisa dilipat secara otomatis lagi,” tegas Uus.
Mengingat letak gigi berada di dalam casing motor, maka solusinya adalah mengganti seluruh unit motor retract, yang tentu tidak murah.
Baca Juga: Rencana Pensiun di Aprilia Gagal! Romano Albesiano Justru Gabung Honda MotoGP: Tak Pernah Terbayang!
Rawat dengan Gerakan Ringan, Hindari Tekanan Kasar
Merawat spion elektrik tidak harus mahal. Cukup lakukan gerakan rutin menggunakan tombol, hindari tekanan manual, dan jangan lipat secara paksa. Dengan cara ini, spion akan lebih awet dan tidak perlu keluar biaya besar untuk perbaikan.
More Stories
“Jangan Sampai Celaka! Ini Batas Usia Ideal Ban Motor yang Harus Kamu Tahu”
Hati-Hati! Begini Cara Ngerem Motor Matic di Turunan agar Tidak Celaka
Sokbreker Honda Mobilio Mulai Tak Nyaman? Ini Ciri-Ciri Harus Segera Diganti!