Jelang MotoGP 2019 Thailand: Michelin Siapkan Ban Khusus untuk Buriram

Otoinfo.id – Menjelang seri MotoGP Thailand yang bakal digelar di Sirkuit Internasional Chang, Buriram (4-6/10), tidak boleh dilewatkan untuk persiapan pemasok ban MotoGP yakni Michelin. Yup, mereka sudah menyiapkan ban yang dirancang khusus untuk suhu udara di Buriram.

Seperti yang dilakukannya saat seri Austria, ban yang dibawa ke Buriram ini bakal sesuai dengan suhu panas disana. Tentu saja Michelin telah mengirimkan ban dalam wadah melalui jalur udara dan laut dengan suhu yang selalu terkendali. Oh ya, buat info saja kalau Sirkuit Internasional Chang panjangnya 4,554 km dengan lima tikungan kiri dan tujuh tikungan kanan serta tiga lurusan panjang (terpanjang satu kilometer).

“Kami datang ke Buriram untuk ketiga kalinya, setelah sesi tes dan seri perdana disini tahun lalu. Setiap kali kesini kami belajar lebih banyak, kami dapat mengevaluasi ban dengan lebih baik dan membuat perubahan di waktu berikutnya. Lintasannya sangat keras untuk ban belakang, dapat menghasilkan suhu yang panas juga. Karenanya, ban harus memiliki konstruksi khusus, seperti yang telah kami gunakan di Austria,” terang Piero Taramasso, manajer ban Michelin.

Baca Juga : Jelang MotoGP Thailand 2019 : Vinales Yakin Yamaha Bakal Kembali Kompetitif!

Rata-rata suhu udara disana bulan Oktober 30 derajat, namun musim hujan di tahun ini memanjang hingga bulan Oktober ini. “Tahun lalu kami diberitahu bahwa mungkin lebih dingin dan basah pada bulan Oktober, tetapi nyatanya panas dan kering, jadi kami membuat pilihan ban yang disiapkan untuk semua kondisi,” tambah Taramasso.

Baca Juga : MotoGP 2019 : Quartararo Jadi Pendongkrak Semangat Rossi

Jika benar-benar basah dari 4-6 Oktober di Buriram, ban hujan simetris akan disiapkan soft dan medium. Dengan satu pengecualian, ban belakang soft memiliki sayap kanan yang diperkuat. Aji