Otoinfo – Dalam perjalanan nostalgia yang mengingatkan pada era kejayaan replika balap, Kawasaki membangkitkan kembali ikonik empat silinder 400 dengan peluncuran Ninja ZX-4RR Edisi KRT.
Namun, apakah motor ini benar-benar mampu menyamai status legendaris pendahulunya dari era 80an dan 90an?
Melangkah ke dalam mesin waktu legenda beroda dua, Kawasaki dengan berani menghidupkan kembali empat silinder 400 berdentuman, bertujuan menghidupkan kembali masa kejayaan replika balap dari tahun 80an dan 90an.
Bayangkan mode berani Madonna, era musik grunge, dan motor yang dihiasi dengan skema warna eksentrik.
Edisi Ninja ZX-4RR KRT baru dari Kawasaki berjanji membawa para pengendara dalam perjalanan mendebarkan kembali ke masa-masa pocket rocket dan mesin berperforma tinggi.
Pada akhir tahun 80an dan 90an, produsen Jepang seperti Honda dan Kawasaki memperkenalkan replika balap 400cc, seperti CBR400RR dan ZXR400, dilengkapi dengan mesin empat silinder berdentuman, rangka alloy, dan suspensi serta rem terbaik.
Meskipun tidak pernah diimpor resmi, pocket rocket ini mencapai status legendaris di kalangan pengendara.
Setelah menghabiskan waktu yang signifikan di CBR, ZXR, dan FZR400 pada akhir tahun 90an dan awal tahun 2000-an, harapan kami tinggi saat kami menjelajah ke Morgan Park Raceway di Queensland untuk peluncuran Ninja ZX-4RR berdentuman empat silinder baru dari Kawasaki.
Sementara varian yang lebih rendah, Ninja ZX-4R, tidak dilengkapi quickshifter, grafis KRT, dan suspensi yang dapat diatur (kecuali suspensi belakang yang dapat diatur preload), Kawasaki berfokus pada jumlah terbatas untuk varian ini.
Sorotan ada pada Ninja ZX-4RR yang lebih tinggi, dihargai $13.194 (ditambah biaya jalan), premi $1400 dari saudara sejawatnya.
Hilanglah rangka spar aluminium dari motor-motor lama, digantikan oleh rangka baja berbentuk tabung dan lengan ayun baja untuk menekan biaya.
Namun, perubahan ini tidak mengorbankan handling, karena rangka baja tidak lagi berarti motor dengan perilaku seperti tali sepatu yang kusut seperti dulu.
Tersemat dalam rangka adalah mesin empat silinder sebesar 399cc dengan 16 katup dan empat piston aluminium cor.
Kawasaki telah dengan teliti mengurangi berat dan kerugian mekanis untuk memastikan akselerasi yang cepat.
Mesin tetap setia pada ethos 400cc berdentuman dari masa lalu, menuntut pengendara untuk selalu menjaga putaran tinggi agar bisa merasakan potensinya sepenuhnya.
Dengan daya puncak sebesar 56,7kW (76hp) pada putaran puncak 14.500rpm, dibantu oleh sistem Ram Air Kawasaki, ZX-4RR melepaskan potensi sejatinya di atas 10.000rpm.
Untuk sepenuhnya menikmati motor ini, pengendara harus merangkul batas putaran 16.000rpm dan memberikan gas penuh sepanjang waktu.
Mengendarai dengan mengandalkan torsi saja akan membuat pengalaman berkendara menjadi hambar, membuat Ninja 400 sebagai alternatif yang lebih sesuai.
Sebagai kesimpulan, Ninja ZX-4RR Edisi KRT dari Kawasaki adalah langkah berani kembali ke masa lalu, menghidupkan kembali semangat replika balap era 90an.
Dengan mesin yang tinggi putarannya dan menghormati nostalgia, motor ini menjanjikan pengalaman berkendara yang mendebarkan yang memberikan penghormatan kepada pocket rocket legendaris masa lalu.
Siapkan diri Anda, pegang erat, dan biarkan ZX-4RR membawa Anda kembali ke era emas adrenalin beroda dua!. Otoinfo.