Kenali Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat, Fatal Jika Dibiarkan

Contoh dari salahnya perhitungan dan kualitas oli yang kurang baik

Otoinfo.id – Ketika tarikan motor terasa berat dan motor tidak bertenaga, kenyamanan berkendara akan berkurang. Untuk itu harus segera diatasi penyebabnya, akan berakibat fatal apabila masalah ini dibiarkan begitu saja.

Mekanik Sumber Rejeki Motor Wonosobo, Afa mengatakan, banyak faktor yang mempengaruhi tentang masalah motor kurang bertenaga.

Baca juga : Drag Bike 2020: Wow! Best Time ‘Baru’ 6,8 Detik, MX King FFA Abakura Laku Rp. 85 Juta?

“Kalau motor tarikan terasa berat itu banyak faktornya, mulai dari tarikan gas berat, putaran roda depan dan belakang berat, karburator kotor, pengapian yang kurang sempurna atau bagian dalam komponen mesin seperti piston dan komponen lain yang harus diganti,” ucap Afa.

Untuk masalah ini faktor usia sepeda motor memang mempengaruhi, namun pemakaian dan perawatan adalah faktor yang paling besar dari rusaknya komponen-komponen sepeda motor. Misal penggunaan yang ugal-ugalan dan tidak pernah dirawat.

Baca juga : Jayadipa Semarang Siap Hadirkan Nova Dash, Underbone 2T 125 Makin Berwarna!

“Kalau kabel gas yang berat bisa bersihkan bagian kabel gas atau diganti dengan yang baru juga bisa. Terus kalau karburator kotor bisa dibersihakan dan setel ulang karburator. Tapi apabila bagian tersebut sudah diperbaiki namun tarikan motor tetap berat sebaiknya bawa motor ke bengkel secepatnya. Sebelum komponen yang rusak semakin banyak,” jelasnya.

“Bagian dalam mesin yang bermasalah biasanya , piston, ring piston, klep dan noken as yang sudah tidak maksimal kerjanya. Kalau tidak kampas kompling yang harus diganti,” tambah Afa. Bagus Adit