Monday, June 30, 2025
spot_img

Mengenal V-belt, Fungsi dan Tanda-tanda harus diganti

Otoinfo.id- Van Belt atau yang sering disingkat V-Belt adalah salah satu komponen yang sangat penting pada motor matik. Apabila terdapat terdapat kerusakan pada komponen tersebut, kemungkinan besar motor tidak akan bisa jalan meskipun mesin dalam keadaan menyala.

Baca Juga : Produk Baru V-Belt SSS Berbahan EPDM, Tersedia Buat Piaggio, Honda dan Yamaha!

Fungsi dari V-belt sendiri adalah sebagai pengganti rantai, komponen ini berperan meneruskan putaran mesin ke roda belakang sehingga motor dapat berjalan.

Baca Juga : Honda Gunakan V-Belt Bentuk Baru, Jika Ingin Ganti Jangan Sembarangan!

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada V-belt. Di antaranya yaitu karena faktor umur V-belt yang sudah aus dan tidak lentur lagi, bisa juga karena penggunaan mesin yang berlebihan.

Baca Juga:  Tombol Jok Motor Honda All New BeAT Macet? Begini Cara Mengatasinya!

Baca Juga : V-Belt SSS Kuat Dengan Panas, Cocok Buat Harian dan Balap!

V-Belt sendiri disarankan untuk diganti maksimal saat kilometer menunjukan 24.000 KM atau kelipatannya. Prosedur penggantian V-Belt sendiri sudah ada dalam buku panduan pemilik kendaraan bermotor.

Ada beberapa tanda-tanda V-Belt harus diganti, antara lain:

Baca Juga : Yuk Kenali Ciri-ciri Roller yang Sudah Aus!

Baca Juga:  Tips : Merawat Motor Honda Tanpa Perlu Service dan Dilakukan di Rumah

1. Tarikan motor terasa kurang atau ngempos.

Penyebab tarikan motor yang terasa kurang ini adalah karena kerja dari V-Belt tidak maksimal sehingga menyebabkan tenaga dari mesin tidak optimal disalurkan ke roda belakang.

2. Terasa getaran saat melakukan akselerasi.

Getaran tersebut mengindikasikan bahwa V-Belt kehilangan daya cengkram. Hal ini akan terasa seperti rantai lepas pada sepeda. Jika sudah terasa seperti ini, V-belt harus segera diganti.

Baca Juga:  YCR 2019 Seri 1 Boyolali : Duel Kelas YCR8 Dimenangkan Ikhsan Lala

3. V-Belt sudah mulai retak.

Jika dilihat secara langsung pada bagian dalam, V-belt yang sudah harus diganti biasanya sudah mulai retak. Jika hal ini dibiarkan, akan ada kemungkinan V-belt putus di tengah jalan dan motor tidak bisa berjalan.

Baca Juga : Beberapa Tips Merawat Motor Honda Agar Tetap Awet

Latest Posts