Otoinfo – Honda GL100 memasuki panggung motor Indonesia pada tahun 1979, dan sejak itu, kehadirannya tak terlupakan di jalan raya. Meski telah berusia, pesona dan daya tariknya masih mengundang minat, memperlihatkan betapa kuatnya penggemar setia motor legendaris ini.
Desain yang Abadi
Desain tangguhnya membawa sentuhan klasik yang mengingatkan pada era kejayaan motor-motor Honda. Tangki yang besar dan memanjang, serta sasis ramping yang menyerupai capung, memberikan identitas unik pada GL100. Dengan bobot kosong hanya 98 kg, memberikan sensasi mengendarai yang ringan namun tetap kokoh.
Detail klasik terpancar dari lampu depan bulat dan speedometer yang menambah pesona retro-nya. Lampu sein yang melekat pada behel belakang memberikan sentuhan klasik yang tak terlupakan.
Pada tahun 1982, terjadi evolusi desain dengan penampilan yang lebih modern. Perubahan dari lampu depan bulat menjadi kotak, speedometer, dan kaca spion menghadirkan tampilan yang lebih segar. Lampu sein yang diposisikan pada dudukan belakang memperkuat kesan modern pada masanya.
Performa yang Mengesankan
Meski tidak mempersembahkan teknologi canggih masa kini, GL100 tetap menjadi pilihan utama dengan perawatan yang mudah dan performa yang tangguh untuk digunakan setiap hari. Didukung oleh mesin 1 silinder berkapasitas 105 cc dengan tipe OHC dan sistem pendinginan udara, serta transmisi 5 percepatan, GL100 memang menjadi pilihan andalan sebagai kendaraan tumpangan yang kokoh dan andal pada zamannya.
Dengan kapasitas tangki sebesar 11,5 liter, GL100 menghasilkan daya maksimum sekitar 12 daya kuda/10.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 8,3 Nm/8.500 rpm. Kinerja yang mengesankan untuk motor dengan usia yang telah mengukir sejarah.
Harga dan Kenangan
Saat ini, Honda GL100 telah berhenti diproduksi sejak tahun 1979. Kini, yang dapat ditemui hanya varian bekasnya saja. Dalam kondisi utuh dan terawat baik, harga untuk Honda GL100 bekas berkisar antara Rp6 juta hingga Rp7 jutaan.
Meski telah berusia, GL100 tetap menawarkan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang tak terlupakan di jalanan Indonesia. Keindahannya yang klasik dan ketangguhannya masih mampu memberikan nostalgia yang menghangatkan.
Begitulah, Honda GL100 tetap menjadi sebuah ikon dalam sejarah motor Indonesia, melambungkan kejayaannya dalam desain klasik yang tak tergantikan. Otoinfo.
More Stories
Pembalap Wanita Indonesia Siap Tampil di FIM Asia Women Cup 2025, Fisichella Kusuma Wardhani Jadi Andalan
Inilah Bebek Klasik Suzuki Pesaing Honda Super Cub, Mesinnya Mirip Motor Sport
Pantesan Aja, Ini Penyebab Harga Mobil di Indonesia Lebih Mahal di Kawasan ASEAN