Menilik Sejarah Livery F1ZR Caltex, Terinspirasi dari Tim Balap Era 2000-an

F1ZR Caltex. Foto: Istimewa

Otoinfo.id – Bebek 2 Tak Yamaha satu ini memang sedang banyak dicari kolektor. Tak heran harganya sudah melambung sejak beberapa tahun terakhir. Mulai dari seri biasa hingga limited edition sama-sama diminati.

Beberapa orang mengungkapkan bahwa mereka ingin bernostalgia di era Yamaha F1ZR sedang jaya-jayanya. Kala itu F1ZR jadi sepeda motor dambaan kaum muda dan menjadi andalan juga di balap nasional.

Baca Juga : Ini Alasan F1ZR Lebih Diminati di Ajang Balap Road Race 2 tak!

Ngomong-ngomong soal balap nasional, dulu ada namanya tim balap Yamaha Caltex. Tim ini lah yang jadi alasan kenapa YIMM memproduksi livery F1ZR Caltex. Inspirasinya berasal dari tunggangan Ahmad Jayadi dan Roy Adriyanto yang jadi pembalap tim tersebut. Kala itu pamornya sedang naik.

Namun tidak hanya pada tahun 2001 saja, peredaran livery Caltex ini juga masih ada di tahun 2002. Di tahun tersebut Harlan Fadillah juga memakai baju balap serupa, saat itu bersama tim Caltex Yamaha Bio racing.

Nah, untuk spesifikasi Yamaha F1ZR ini dibekali mesin satu silinder 2-tak berkapasitas 110,4 cc. Bore x stroke: 52,0 x 52,0 mm, rasio kompresi: 7,1:1, karburator Mikuni (VM 20 X 1), mampu menghasilkan tenaga 11,8 Hp di 7.500 RPM. Sementara torsi maksimal yang dihasilkan 10,7 Nm pada 6.500 RPM. Disalurkan melalui transmisi 4 percepatan.

Baca Juga : Tiga Livery Yamaha F1ZR Ini Paling Banyak Direstorasi

So, Yamaha F1ZR memang punya kenangan tersendiri. Jadi tidak heran ketika menjumpai harga bekas dari motor ini mahal. Apalagi untuk Caltex Edition, bisa mencapai belasan juta! Aji