Modifikasi Jeep CJ-7: Patroli Lintas Medan Kasatlantas

Otoinfo.id – Untuk mendukung tugasnya sebagai Polisi Lalu Lintas, AKP Ikrar Potawari, SH, SIK, M.Si membutuhkan kendaraan yang handal dan tangguh di segala medan. Apalagi saat patroli dan blusukan ke daerah-daerah untuk memberikan sosialisasi tertib berlalu lintas. “Butuh kendaraan dual purpose seperti Jeep ini,” tutur pria yang menjabat sebagai Kasatlantas Polres Pati ini.

AKP Ikrar Potawari, SH, SIK, M.Si

Ogah beli jadi, Ikrar malah jatuh hati pada Jeep tua varian CJ-7 yang masih dalam kondisi bahan. Dan jangan ditanya berapa lama proses membangun mobil ini. “Tahunan, karena sempat beberapa kali pindah bengkel,” ujar Ikrar.

Baca Juga : Modifikasi Suzuki TS 125: James Bond Si Mandor Penjara
Baca Juga : Modifikasi Nissan Teana J31: Awas Kebo Lewat

Dan setelah sekian lama akhirnya mobil impiannya ini berlabuh di Bengkel TBR Garage Tech Tambakromo-Pati, spesialis Jeep dan SUV yang digawangi oleh Totok Sudiarto. dJansen

Upgrade Performa Mesin
Tak mau berlama-lama, Totok langsung menelanjangi CJ-7 lansiran ‘82 milik Ikrar. Target utama adalah meng-upgrade performa dapur pacu. “ “Mesin diganti dengan turbo diesel 1KZ milik Toyota Prado,” ungkap Totok. Maklum saja, kondisi mesin asli bawaan sudah memprihatinkan.

Dibekali dengan transmisi automatic, tak membuat CJ-7 milik Ikrar ini jadi lembek. “Performanya tetap terasa gahar di medan offroad dan tarikannya juga masih terasa dahsyat di jalanan on-road.

Kaki Oplosan
Mengakali supaya suspensi kendaraan terasa nyaman dan tak limbung meski menggunakan ban gambot milik Maxxis Trepador berukuran 35×12.5×15. Ini berkat oplosan antara chasis berikut suspensi depan Prado dengan chasis belakang ori milik CJ-7 yang juga ditempeli suspensi Prado.

“Sudah dicoba beberapa kali dan terbukti tetap stabil dan tak limbung sama sekali,” terang Ikrar.

Interior
Karena digunakan untuk keperluan sehari-hari, desain interior tetap dipertahankan seperti aslinya. Hanya saja jok dibuat lebih sporty dengan pemasangan jok racing berlabel Sparco berikut seat belt 4 titik dengan merek yang sama.

Dan paling penting untuk mendukung kenyamanan berkendara tentunya pemasangan ac milik King dan audio set keluaran Clarion.

Bumper
Supaya mobil makin terlihat gagah, peranti penahan benturan yang asli diturunkan dan diganti dengan bumper kustom aseli bikinan TBR Garage Tech. Khusus untuk depan dibuat sekaligus sebagai dudukan Key Winch DKL-X 13.000 yang terpasang rapi dan tersembunyi. Begitu juga dengan bagian belakang yang berfungsi juga sebagai tyre hanger alias dudukan ban cadangan.

Data Modifikasi :
Ban : Maxxis Trepador 15×12.5×15
Pelek : Mudukar
Sokbreaker : 1KZ
Bumper : Kustom TBR Tech
Winch : Key Winch
Jok : Sparco
Sealbelt : Sparco
Setir : 1KZ
Kanvas : TBR Tech
Spion : Wrangler
Transmisi : Matic 1KZ
Cat : Spies Hecker
Bengkel : TBR Tech (Tambakromo – Pati)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here