Modifikasi Suzuki Katana: Potong Atap Demi Soft Top

Otoinfo.id – Tiga bersaudara yakni, Lukman Hakim, Dicky Darmawan dan Rizki Maulana, bangga memiliki orang tua seperti AKBP Ari Wibowo, SiK. Bagaimana tidak, Ari wibowo paham kalau tiga jagoan kecilnya doyan jip. Sehingga pria yang berdinas di Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur ini menyiapkan sebuah kendaraan siap turun off-road lansiran pabrikan Suzuki.

“Mobil dimodifikasi mengacu pada bentuk Jimny Sierra,” tutur pria asli kelahiran Kediri ini. Itu sebabnya pilihannya jatuh pada Suzuki Katana lawas keluaran 2003 yang masih standar. Maklum, Katana terbilang masih satu varian dengan Sierra yang populasinya terbatas sehingga susah dicari.

Tak usah panjang lebarlah, langsung saja simak ubahan pada satu ‘hadiah besar’ dari mantan Kapolres Pati ini buat ketiga buah hatinya. dJansen

Baca Juga:   MotoGP Jerez 2020: Bagnaia Finish Ketujuh, Tantangan Buat Zarco!

Chop Top
Bukan perkara mudah untuk mengubah tampilan Katana menjadi Sierra. Pasalnya, meskipun masih satu varian, namun bentuk bodi jelas berbeda, terutama pada bagian atap.

Katana ber-atap hard top, sedangkan Sierra notabene dari sononya dibekali dengan atap kanvas atau soft top.

Mau tak mau, atap harus di-chop alias dipotong supaya bisa diganti pakai kanvas. Disini letak tingkat kesulitannya. “Proses pemotongan harus hati-hati dan penuh perhitungan agar diperoleh ukuran yang presisi. Meleset sedikit, salah-salah atap jadi miring,” terang Totok Sudiarto, punggawa bengkel Dewi Sakti TBR Garage Tech, yang dipercaya untuk melakukan ubahan.

Baca Juga:   Jimny 5 Pintu, Mobil Impian yang Bisa Jadi Kenyataan dengan Harga Miring!

Tapi jangan khawatir, ada triknya untuk mendapatkan atap yang presisi. Pastinya, “Saat proses pemotongan pintu harus tetap terpasang, begitu juga saat proses pemasangan,” ungkap Totok. Begitu juga saat memotong kaca depan dan dibuatkan engsel supaya bisa dibuka ke depan.

Tinggikan Kaki-Kaki
Tampilan jip tentu saja harus terlihat gagah dan garang. Itu sebabnya kaki-kaki menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian khusus Totok. “Ground clearance harus naik, tetapi kenyamanan dan keamanan tetap diutamakan,” tegas Totok.

Oleh Totok, per depan dan belakang berikut sokbreker lama langsung dipensiunkan. Sebagai gantinya adalah seperangkat sok milik Kayaba dan per Futura pada bagian depan. Sedangkan bawaan Carry mengisi bagian belakang. Dampaknya, mobil jadi kian terlihat mendongak.

Baca Juga:   Jelang Sumatera Cup Prix Padang 2019 (Seri 4) : Tarung Pembalap Terbaik Dari 11 Provinsi Berbeda, Memang #Keterlaluan!

Demi kenyamanan, tak lupa sistem suspensi diubah menjadi independent dengan pemasangan swingarm milik varian Jimny built-up bertipe JA 11.

Data Modifikasi :
Ban : Jungle Trekker 31×9,5-16, Pelek : Kia Sportage, Sok : Kayaba, Per dpn : Suzuki Futura, Per blk : Suzuki Carry, Swing arm : Suzuki JA 11, Locker dpn : Vaccum, Body part : Suzuki Sierra, Kanvas : Bestop, Setir : Suzuki JA 11, Spion : Suzuki JA 11, A/C : ND, Lampu : Delta