Modifikasi Yamaha Byson (2011) Banjarnegara : Cafe Racer Daily Use!

Otoinfo.id – Rata – rata pecinta otomotif memodifikasi kendaraannya menjadi lebih keren dengan cara menambah teknologi – teknologi seperti memasang radio di motor atau audio besar di mobil. Nah kendaraan yang satu ini motor kencang masa kini dirubah menjadi cafe racer.

Apasih yang dimaksud cafe racer? Cafe racer adalah motor balap bergaya retro terkenal pada zaman 1960an dinamakan Grand Prix Road Racing Motorcycle (sekarang disebut MotoGP). Yang membedakan cafe racer dan motor balap masa kini yaitu headlamp yang cukup besar untuk motor dan ekor motor yang berbentuk hampir sama seperti tangki motor. Pada dasarnya cafe racer mengurangi kenyamanan tetapi untuk meningkatkan kecepatan dan handling motor.

Motor yang satu ini dimiliki oleh pejabat tinggi mantan Bank Perkreditan Rakyat cabang Purwokerto, yaitu Andi Pratikto. Beliau senang sekali dengan modifikasi motor, sampai suatu saat beliau memiliki ide untuk memodifikasi motornya yaitu Yamaha Byson yang lansiran tahun 2011 untuk menjadi cafe racer. Karena pada dasarnya suka sekali dengan motor, apalagi sering nonton MotoGP. Namun beliau tetap menginginkan motor yang dimodif tidak hanya untuk pajangan saja tetapi juga daily use atau bisa dipakai untuk harian.

Motor yang dimiliki Andi ini sebelumnya masih orisinil. Seperti ban, velg, shok breaker depan dan belakang serta tangki. Spesifikasi yang telah dirubah saat ini adalah body keseluruhan fiber 100% termasuk tangki yang original ditutupi oleh kabon fiber dan ditutupi dengan stiker background putih di tambah sedikit stiker oranye. Lalu chasis original belakang dinaikan 5cm dan diluruskan dengan yang depan.

Pada bagian rem cakram belakang diganti menggunakan BSM, underbone  untuk kaki menggunakan HUI dan stang menggunakan TDR. Lampu depan pun juga diganti menggunakan C70 dan sedikit geser ke kanan untuk menjadi salah satu ciri khas dari motor ini.

Pada bagian knalpot masih menggunakan yang asli, menggunakan aluminium dan peredam knalpot juga masih yang asli karna untuk mengurangi suara kebisingan. Kaca spion juga dibuat sendiri. Lampu hazzard kanan kanan dan kiri comotan dari motor ninja. Dan speedo meter juga masih asli dan belum dilepas.

Motor ini digarap oleh bengkel One Brutalle Garage yang sudah pengalaman memodifikasi motor lebih dari 11 tahun, untuk merombak motor jaman sekarang ke jaman dulu hanya menghabiskan 6 juta saja. Murah sih, apalagi finishingnya rapi dan tentunya mantap!

Di sisi kanan dan kiri tertulis nomor 14 berwarna oranye, karena menurut Andi sendiri angka 14 ini diambil dari tanggal lahir anaknya yang menjadi nomor keberuntungan untuk beliau sendiri. Seno

Data Modifikasi :

Handlebar: TDR (Jepit)
Spion : Handmade
Headlamp : C70
Fairing : Handmade
Tanki : Handmade
Jok : Handmade
Cover Aki (Number Plat) : Handmade
Ekor Tawon : Handmade
Stoplamp : Aftermarket Doublesein (KLX150)
Airscope : Handmade
Ban : Zeneos ZN91 120/70-17 (Depan) Zeneos ZN91 150/60-17(Belakang)
Exhaust : PDK
Underbond : NUI Racing
Part Original: Shok Depan, Monoshok, Velg Depan & Belakang.