MotoGP 2020: Andrea Iannone Tersandung Kasus Doping, Karir Balapnya Terancam!

Otoinfo.id – Federasi Balap Motor Internasional (FIM) seacara resmi menjatuhkan hukuman berupa larangan balap kepada Andrea Iannone. Apa sebab? Pembalap MotoGP berusia 30 tahun asal Italia itu tersandung kasus doping.

Rider yang saat ini membela tim Aprilia Gresini Racing tersebut tidak lolos tes doping saat gelaran MotoGP Sepang, Malaysia 3 November lalu.

Baca Juga : MotoGP 2020: Ducati Bakal Lakukan Perombakan Besar di Desmosedici GP20, Kenapa?

“Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) telah memberi tahu pembalap Italia, Andrea lannone, bahwa ia secara proaktif diskors berdasarkan Pasal 7.9.1 FIM Anti-doping Code (CAD),” tulis FIM dalam rilis resminya.

WADA (Badan Dunia Anti Doping) telah melakukan penyelidikan awal akan kasus ini di laboratorium Jerman. Dalam sampel urine Iannone, ditemukan kandungan zat Exogenous Anabolic-Androgenic Steroid (AAS) yang merupakan salah satu zat terlarang dalam peraturan FIM.

Baca Juga : MotoGP 2020: Ternyata Ini Alasan Zarco Terima Tawaran Reale Avintia Racing!

Atas kasus itu, Iannone memiliki hak untuk meminta dan menghadiri analisis sampel B-nya. Skors atau larangan balapnya berlaku sejak 17 Desember hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Hukuman itu membuat masa depan pembalap berjuluk The Maniac Joe itu berada diujung tanduk. Kontraknya dengan Aprilia Gresini Racing sampai dengan musim 2020. Namun, Aprilia bisa saja langsung memutus kerja samanya dengan Iannone akibat kasus yang menimpanya.

Baca Juga : MotoGP 2020: Vinales Tegaskan Bukan Quartararo Sebagai Bahan Pembelajarannya, Masalah Harga Diri?

Yup, Bradley Smith yang saat ini menjadi pembalap penguji tim Aprilia digadang-gadang bakal menggantikan posisi Iannone untuk bertandem dengan Alex Espargaro musim 2020 mendatang. Taufik