MotoGP: Balapan Tanpa Elektronik, “Kamu Ingin Lihat Saya Terbang,” Kata Marquez

Otoinfo.id – Beberapa waktu lalu, banyak pembalap yang memprotes soal perangkat elektronik. Dibilang manja, tidak murni skill yang digunakan dan banyak alasan lain. Salah satu rider yang pernah protes soal perangkat elektronik adalah Valentino Rossi.

Nah, soal pertanyaan perangkat elektronik di motor balap, Marc Marquez salah satu rider yang justru setuju penggunaan perangkat elektronik di motor. Pertanyaan itu dijawab saat jumpa press di EICMA. Salah satu journalist menanyakan perihal part elektronik.

Baca Juga : MotoGP: HRC Akui Kalau RC213V Motor Paling Tidak Stabil
Baca Juga : MotoGP: Tahun 2020 Motor MotoGP Sanggup Melesat 360 km/jam

“Apakah kamu ingin saya terbang terpelanting? Saya rasa motor saat ini dibuat agar bisa bekerja dengan perangkat elektronik. Dan inilah masa depan balapan kita. Masih banyak ruang untuk mengekploitasi perangkat elektronik tersebut,” jelas Marc Marquez.

Jawaban Marc Marquez memang banyak benarnya. Tidak bisa disamakan antara motor zaman dahulu dengan saat ini. Seperti diketahui bahwa motor saat ini memiliki power mendekati 300 dk sehingga top speed yang bisa diraih sangat tinggi. Bahkan cornering speed saat ini juga sangat cepat.

Pernyataan Marc Marquez juga dapat dilihat dari riset tiap pabrikan. Motor kian kencang, bahkan kini aerodinamika mulai dipikirkan untuk bisa mendapat gaya tekan sehingga motor tidak mudah terangkat.

Tidak hanya itu, material eksotis seperti carbon fibre swingarm pun sudah digunakan untuk mendapat kekauan ketika menikung.

Dalam hal ini, teknologi digunakan untuk mendapat safety tinggi tanpa mengorbankan kecepatan motor. MT4