MotoGP: Ini Asal Mula Penyebab Winglet Swingarm Ducati Diprotes

Otoinfo.id – Pemicu protes soal winglet swingarm ternyata bukan lantaran kemenangan Ducati di GP Qatar beberapa minggu lalu. Melainkan ada kesalah pahaman antara beberapa pabrikan.Sebelum Ducati memakai winglet swingarm, ternyata pabrikan lain sudah mengusulkan part ini awal tahun 2019.

Beberapa pabrikan memang mengusulkan penambahan part aerodinamika yang mirip dengan yang digunakan pada Ducati. Namun usul itu justru ditolak oleh Director Danny selaku MotoGP World Technical. Saat pengusulan itu memang beberapa pabrikan mengajukan sebagai penambah part aerodinamika.

Massimo Rivola, pernah usul part tersebut awal tahun 2019

“Oleh sebab itulah, mengetahui part tambahan yang digunakan Ducati justru diperbolehkan, makanya kami protes,” jelas Massimo Rivola, Aprilia Race Director.

Sementara ketika Ducati menggunakan part tambahan tersebut, justru diperbolehkan. Sebab Ducati usul bahwa perangkat itu sebagai pendingin roda belakang. Dengan berbagai alasan teknikal yang disodorkan Ducati, maka Danny Aldridge pun menyetujuinya.

Dengan 2 sodoran alasan yang berbeda itulah, kini winglet swingarm masuk pengadilan MotoGP dan akan diputuskan hari Senin atau Selasa (25-26/3). Namun hingga berita ini diturunkan, keputusan pada hari Senin belum terjadi. Maka kemungkinan besar besok menjadi putusan terakhir. Diperbolehkan atau tidak ya? MT4

Baca Juga : MotoGP: Terungkap Fungsi Winglet Swingarm Ducati
Baca Juga : MotoGP: Keputusan Winglet Swingarm Ducati Ditentukan Senin Atau Selasa