MotoGP : Mengejutkan, Honda Akhiri Kerja Sama Dengan Repsol di MotoGP 2021, Kenapa?

Foto: www.motogp.com

Otoinfo.id – Baru-baru ini tersiar kabar jika sponsor Honda di MotoGP, yakni Repsol yang merupakan perusahaan pelumas terbesar di Spanyol, bakal mengakhiri hubungan kerja sama dengan Honda di MotoGP tahun 2021 mendatang. Ada apa?

Yup, pihak Repsol sendiri telah 26 tahun lamanya menjadi sponsor utama pabrikan Honda, atau tepatnya sejak MotoGP 1994 lalu. Setelah musim 2020 mendatang, para petinggi Honda tak akan lagi memperpanjang kontrak dengan Repsol, dan menurut rencana bakal digantikan oleh Shell (sebuah perusahaan minyak raksasa dunia) milik Belanda.

Baca Juga : MotoGP : Kenapa Alex Marquez Hanya Dikontrak 1 Tahun? Ini Jawaban Manajer Honda

Shell sebenarnya sudah tak asing dengan tim berlogo sayap tunggal tersebut. Mereka telah bekerja sama dengan tim Idemitsu Honda Asia, khususnya di kelas Moto2 musim 2020 mendatang. Mereka juga sudah lama bekerja sama dalam ajang Advance Asian Talent Cup.

Selama menjadi sponsor Honda (di tim Repsol Honda), mereka telah meraih total 17 gelar juara dunia di kelas MotoGP. Tercatat ada 6 pembalap MotoGP yang berhasil meraih gelar juara bersama Repsol Honda. Mereka adalah Mick Doohan (5), Valentino Rossi (3), dan Marc Marquez (6). Selain itu satu gelar yang masing-masing diraih oleh Alex Criville, Casey Stoner dan Nicky Hayden.

Baca Juga : MotoGP 2019 : Inilah Alasan Kuat Marquez Tidak Ingin Tinggalkan Honda!

Musim lalu Repsol Honda mencapai hasil luar biasa lewat pembalapnya, Marc Marquez di MotoGP 2019. Mereka mampu mendominasi balapan selama satu musim penuh, serta sukses meraih juara Triple Crown di akhir musim. Jadi musim 2020 mendatang, merupakan kerja sama terakhir antara Repsol dengan pihak Honda Racing Corporation (HRC) di MotoGP. Taufik