MotoGP: Penyakit Pada M1 2019 Itu Bernama Graining

Otoinfo.id – Jika tidak segera dapat solusi, Yamaha akan mengalami hal sama dengan tahun lalu. Saat di GP Qatar lalu, M1 2019 masih memiliki penyakit yang sama dengan M1 versi 2018, yakni kurangnya traksi roda. Bahkan kini lebih parah.

Disebut parah karena bukan hanya traksi, bahkan saat kualifikasi bencananya lebih besar. Ban depan M1 yang ditunggangi Rossi muncul graining. Gejala ini membuat karen ban seperti rontok macam butiran pasir, sehingga membuat traksi kian berkurang. Dan jika hingga seri 2 di GP Argentina (31 Maret) belum terpecahkan, maka akan jadi bencana untuk Yamaha. Jangankan juara dunia, untuk bisa podium secara konsisten saja masih diragukan.

“Masalahnya kurang lebih sama dengan tahun lalu. Saya start dari posisi 14 dan finish ke-5 adalah sesuatu yang bagus, hanya kurang 0,6 detik saja dari juaranya. Tapi di sirkuit ini biasanya kami selalu bagus, namun dibeberapa titik kami masih ada masalah. Kami haru menerima hasil ini. Untuk podium, saya hanya bisa berusaha, tapi kami masih kurang kuat,” jelas Valentino Rossi.

Terkait dengan masalah ban pada motor Rossi, pihak Michelin mengakui kalau itu bukan karena karet ban. Melainkan lebih karena setting. Seperti diungkapkan oleh Piero Taramasso, Michelin Manager Motorpsort.

“Perubahan bentuk ban itu disebut graining. Itu karena Rossi salah set-up. Normalnya pada beberapa lap awal, graining itu bisa bersih, namun kejadian pada Rossi tidak demikian. Graining justru tidak bisa bersih,” terang Piero Taramasso.

Michelin berani menyebut kalau Rossi salah setting karena semua rider tidak ada yang mengalami hal serupa. Semua pembalap tidak mengalami graining.

Hal itu terbukti, pada lap-lap akhir, Rossi justru terus menerus mampu mendekati top rider barisan depan. Itu menjadi jelas kalau graining pada motor Rossi, baru bisa bersih pada lap-lap terakhir. MT4

Baca Juga : Test Qatar: M1 Masih Banyak PR, Rossi Berharap Vinales Benar
Baca Juga : MotoGP: Vinales Minta Yamaha Buat M1 Lebih Ramping Sesuai Dirinya
Baca Juga : MotoGP: Dilihat Dari Exhaust Pipe, Ternyata Yamaha M1 Berkarakter Lembut