Motor Matic Kurang Bertenaga Di Jalan Menanjak? Ini Penyebabnya

Otoinfo.id-Sebuah kendala yang memang sedikit menjengkelkan apabila motor yang di kendarai kurang tenaga. Terlebih jika sering melakukan perjalanan pada rute yang menanjak. Hal ini harus benar-benar di perhatikan agar performa mesin tetap terjaga.

Baca Juga : Tips Perawatan Rem Cakram, Cek Part Vital Sebelum Fatal

Mungkin sudah menjadi rahasia umum jika kelemahan motor matic yaitu kurang bertenaga di jalan yang menanjak. Tentu ada penyebabnya kenapa akselerasi di motor matic bisa terasa berat. Hal tersebut umum terjadi pada motor yang kurang terawat. Penyebab motor matic tidak bertenaga pada saat melewati jalan yang menanjak yaitu ada pada beberapa komponen yang kinerjanya kurang optimal sehingga mengurangi tenaga yang dihasilkan.

Kenapa sih motor matic kurang bertenaga saat di tanjakan dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini

Baca Juga : Jangan Sampai Menyesal, Inilah Pentingnya Kick Starter Saat Memanaskan Motor Injeksi!

Knalpot Kotor

Ini mungkin jarang di sadari oleh banyak orang. Perlu diketahui, kotoran di dalam knalpot yang sudah penuh atau tebal juga bisa menjadi sebab penyebab motor matic tidak bertenaga sehingga saat melaju di tanjakan terasa loyo atau tarikan kurang. Lakukan perawatan setiap 5-6 ribu kilometer dengan cara membersihkan kotoran yang ada di dalam knalpot. Nah lo, ternyata knalpot kotor pun jadi salah satu penyebabnya. Jadi lakukanlah perawatan secara rutin agar mesin tetap pada performa yang optimal.

Filter Udara Kotor

Komponen satu ini sangat berpengaruh terhadap tenaga yang akan di hasilkan pada mesin kendaraan. Efek filter udara yang kotor akan menghalangi asupan udara ke dalam ruang bakar sehingga bisa mengurangi tarikan mesin. Yups, tidak usah khawatir karena semua problem pasti ada solusinya. Untuk mengatasinya pun cukup mudah yaitu cukup bersihkan filter udara dengan menggunakan blower ataupun kompresor yang akan meniup debu atau kotoran yang menempel pada filter udara. Namun jika filter sudah dalam kondisi yang buruk, lebih baik ganti dengan yang baru supaya asupan udara ke ruang bakar tetap stabil.

Kampas Kopling Tipis

Sebagaima kita ketahui bersama fungsi kampas kopling yaitu untuk menjaga gigi motor. Jika kampasnya sudah sudah tipis tentu tidak akan bisa mejaga gigi motor dengan optimal. Jangan sampai terlambat! Segeralah ganti dengan yang baru supaya tenaga yang di hasilkan lebih kuat.

Baca Juga : Awas Rem Blong! Ini Dia Cara Menggunakan Rem ‘CBS’ Motor Matic Dengan Benar

Sebagai pengguna sepeda motor sudah seharusnya menjaga dan rutin melakukan perawatan agara tetap pada performa yang optimal. Oke, semoga bermanfaat. TaufikNR