Pada 2022 Mendatang, MotoGP akan Pakai Panel Lampu di Semua Sirkuit

Otoinfo.id – Demi memantapkan keselematan, pada 2022 mendatang semua sirkuit yang menggelar MotoGP akan memakai panel lampu berteknologi tinggi. Bahkan ini diwajibkan dan perlu diketahui ini hal ini disetujui oleh Federasi Otomotif Dunia FIA dan Federasi Sepeda Motor Dunia FIM.

Panel lampu berteknologi tinggi juga akan menjadi prasyarat untuk menerima homologasi Grade A. Hanya panel lampu homologated yang boleh dipasang, di kejuaraan dunia balap motor diperlukan spesifikasi T1 atau T2.

Baca Juga : Mobil BMW M2 CS Quartararo Diberikan Ke Ayahnya Sebagai Hadiah Natal

Nah, fungsi dari panel lampu ini yaitu manajemen balap atau marshal dapat memberi sinyal informasi penting seperti bendera kuning, bendera merah, atau kondisi cuaca.

“FIM dan FIA membangun kolaborasi yang kuat dalam hal keselamatan, dan langkah ini semakin memperkuat kolaborasi ini,” kata Franck Vayssie, Director of the FIM Circuit Racing Commission.

Baca Juga : Morbidelli Ikut Rally Monza, Memacu Hyundai i20 R5

“Fakta bahwa panel lampu ini wajib ada di semua trek FIM yang menyelenggarakan MotoGP, Superbike, atau Kejuaraan Balap Ketahanan dapat membantu memastikan standar keselamatan tertinggi untuk semua seri yang balapan di trek tingkat atas ini,” imbuhnya.

Oh ya, untuk Superbike dan Kejuaraan Balap Ketahanan kemungkinan akan memakai panel lampu tersebut pada 2023 atau satu tahun setelah MotoGP. Aji