Home Blog Page 3715

Cocok Untuk Usaha?! Suzuki Thunder 125 Reborn Siap Meluncur 

0
Cocok Untuk Usaha?! Suzuki Thunder 125 Reborn Siap Meluncur 

Otoinfo Pertarungan sengit di ranah otomotif kembali terjadi dengan munculnya Suzuki Thunder 125 Reborn di tahun 2023. Namun, kali ini, Suzuki membawa nuansa baru dengan meluncurkan versi terbarunya, Suzuki Huracan 125 2023, yang secara khusus ditujukan untuk para pelaku usaha. 

Setelah lama menghilang dari perbincangan, motor legendaris Suzuki Thunder kini tampil dengan identitas baru, siap memenuhi kebutuhan bisnis dengan desain yang diperbarui dan fitur yang menarik. Mari kita telusuri lebih dalam tentang kehadiran mengejutkan ini, sejalan dengan langkah Suzuki dalam memperluas pasar di era otomotif yang terus berkembang.

Sekilas Tentang Suzuki Thunder Reborn

Jangan lewatkan kabar menarik! Suzuki Thunder reborn, motor sport naked yang legendaris di Indonesia, kembali muncul dengan wajah baru di tahun 2023. Namun, kali ini, Suzuki menyuguhkannya dengan nama Suzuki Huracan 125 2023, khusus dirancang untuk para pelaku usaha.

Desain Khusus untuk Pelaku Usaha

Meskipun desainnya sangat mirip dengan Suzuki Thunder yang legendaris, Suzuki Huracan 125 2023 dilengkapi dengan rak bagasi besar di bagian jok belakang, ideal untuk mengangkut barang. Tak heran, motor ini dikategorikan sebagai kendaraan niaga di Meksiko.

Spesifikasi Suzuki Huracan 125 2023 (Thunder Reborn)

Suzuki Huracan 125 memiliki mesin satu silinder 4-tak 124 cc OHC berpendingin udara, dengan tenaga maksimal mencapai 12 Hp. Dengan daya angkut rak besi hingga 160 kg, motor ini menjadi pilihan praktis untuk kebutuhan bisnis. 

Pelek model jari-jari, rem tromol di kedua roda, dan tangki bahan bakar berkapasitas 14 liter menjadikan Suzuki Huracan 125 sebagai opsi yang menarik.

Harga dan Tersedia di Meksiko

Motor ini baru saja diluncurkan di pasar Meksiko dengan harga 37.990 Peso Meksiko atau setara dengan Rp 33,3 jutaan. Dengan fitur-fitur sederhana seperti lampu bohlam, panel instrumen analog, starter engkol, dan elektrik, Suzuki Huracan 125 menawarkan kombinasi praktis dan ekonomis.

Apakah Suzuki Thunder 125 Reborn Akan Laku Keras di Indonesia?

Dengan kemiripan desain dan spesifikasi yang menarik, pertanyaannya, apakah Suzuki Thunder 125 Reborn akan laku keras di Indonesia? Mari kita tunggu kabar selanjutnya dari Suzuki Indonesia. Otoinfo.

Turun Harga! Suzuki Avenis 125 Diskon, Minat Beli?

0
Turun Harga! Suzuki Avenis 125 Diskon, Minat Beli?

OtoinfoMenyuguhkan kejutan besar di ranah otomotif, Suzuki Avenis 125, yang telah memukau pecinta motor sejak peluncurannya pada tahun 2022, kini mengalami penurunan harga yang cukup dramatis. Dari harga awal yang lebih dari 30 juta rupiah, kini motor sport ini ditawarkan dengan diskon besar, menjatuhkan harganya menjadi sekitar Rp30.180.000 juta saja per/unit. Namun, pertanyaan muncul, apakah penurunan ini merupakan efek dari persaingan dengan model Suzuki lain, terutama setelah merilis Burgman Series 2023 yang menawarkan harga lebih terjangkau? 

Diskon Besar untuk Suzuki Avenis 125 Tahun 2023

Harga Suzuki Avenis mengalami penurunan signifikan pada tahun 2023, dengan diskon. Dari harga awal lebih dari 30 juta rupiah pada saat peluncurannya pada tahun 2022, kini unit tersebut dijual per/unit di kisaran Rp30.180.000 saja. Namun, pertanyaannya, apakah penurunan harga ini merupakan hasil dari persaingan dengan seri Suzuki lainnya yang berhasil mengalahkannya?

Burgman Series Lebih Terjangkau

Beberapa waktu lalu, Suzuki Indonesia merilis Burgman Series 2023 yang hanya dibanderol sekitar 24 jutaan per/unit. Harga ini lebih terjangkau dibandingkan dengan Suzuki Avenis 125, mungkin menjadi salah satu faktor pendorong diskon besar-besaran untuk model ini.

Diskon Hanya Berlaku untuk Rakitan Tahun 2022

Penting untuk dicatat bahwa diskon ini hanya berlaku untuk Suzuki Avenis rakitan tahun 2022. Bagi seri Suzuki yang termasuk dalam kategori rakitan tahun 2023, harganya tetap bertahan di kisaran 30 jutaan.

Spesifikasi Suzuki Avenis 125

Meskipun terdapat penurunan harga yang signifikan, Suzuki Avenis tetap menawarkan spesifikasi yang menarik. Desain sporty, ruang penyimpanan luas dengan kapasitas 21,6 liter, penyimpanan tambahan di bagian depan, dan fitur-fitur modern seperti USB socket untuk mengisi daya ponsel sambil berkendara membuatnya layak dipertimbangkan.

Mesin Berkualitas Tinggi

Suzuki Avenis ditenagai oleh mesin SEP berkapasitas 125 cc SOHC, 1 silinder, 2 katup, fuel injection, dan berpendingin udara. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,7 PS/6.750 RPM dan torsi sebesar 10 NM/5.500 RPM. Fitur keamanan seperti safety shutter key, brake lock system, dan teknologi ICBS untuk integrasi rem depan belakang menjadikan Avenis 125 sebagai pilihan yang aman dan canggih.

Meskipun harga Suzuki Avenis 125 masih berada di kisaran 30 jutaan untuk rakitan tahun 2023, diskon harga tentu menjadi daya tarik tersendiri. Dengan spesifikasi yang mumpuni dan fitur-fitur modern, ini mungkin saat yang tepat untuk memanfaatkan penawaran menarik ini. Otoinfo.

Makin Ganas!! Intip Performa Suzuki GSX-8R 2024 Supersport

0
Makin Ganas!! Intip Performa Suzuki GSX-8R 2024 Supersport

Otoinfo – Suzuki GSX-8R 2024, motor sport terbaru dari Suzuki, siap meluncur dengan berbagai perubahan dan peningkatan yang menjanjikan. Mesin baru yang lebih bertenaga dan fitur-fitur canggih membuatnya layak menjadi sorotan.

Penasaran dengan performa dari motor sport GSX-8R ini? Mari simak pembahasan berikut mengenai performa mesin dari motor tersebut!

Performa Mesin yang Menggemparkan

Generasi terbaru GSX-8R ini membawa perubahan signifikan pada sektor mesin. Motor ini kini ditenagai oleh mesin 776 cc dua silinder segaris, menggantikan mesin sebelumnya yang berkapasitas 750 cc empat silinder segaris. 

Mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 125 PS pada 10.500 rpm dan torsi 96 Nm pada 9.000 rpm, memberikan performa yang lebih unggul.

Fitur Canggih untuk Performa Optimal

Selain performa mesin yang ganas, motor sport GSX-8R ini juga memiliki berbagai fitur canggih saat ini. Berikut terdapat beberapa fitur yang bisa anda dapatkan pada motor ini!

1. Intelligent Ride System (SIRS)

  • Suzuki Drive Mode Selector (SDMS)

Pengendara dapat memilih mode berkendara yang sesuai dengan kondisi jalan atau gaya berkendaranya, dengan opsi mode Active, Basic, dan Comfort.

  • Suzuki Traction Control System (STCS)

Mencegah kehilangan traksi roda belakang saat berakselerasi atau menikung, meningkatkan kontrol pengendara.

  • Suzuki Easy Start System

Memudahkan pengendara dalam menghidupkan mesin hanya dengan menekan tombol starter sekali.

2. Ride-by-wire Electronic Throttle System (EBTCS)

Sistem throttle elektronik menggantikan kabel gas konvensional, memberikan respon gas yang lebih halus, akurat, dan mengurangi konsumsi bahan bakar.

3. Bi-directional Quick Shift System (QSS)

Sistem perpindahan gigi tanpa perlu menarik kopling memudahkan perpindahan gigi, baik saat berakselerasi maupun deselerasi, meningkatkan performa dan efisiensi berkendara.

Suzuki GSX-8R 2024 adalah pilihan menarik bagi pencinta motor sport. Dengan performa yang agresif, tampilan sporty, dan berbagai fitur canggih untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, motor ini menjadi pesaing serius di pasar. Otoinfo.

Kenali Ciri-ciri Klep Motor yang Perlu Disetel Ulang atau Diganti

0
Kenali Ciri-ciri Klep Motor yang Perlu Disetel Ulang atau Diganti
Kenali Ciri-ciri Klep Motor yang Perlu Disetel Ulang atau Diganti

Otoinfo – Memiliki motor dengan performa optimal tentu menjadi hal yang diharapkan oleh semua orang, termasuk Kamu salah satu di antaranya. Agar performa motor selalu optimal, maka semua komponen kendaraan roda dua ini pun perlu berfungsi dengan baik. Salah satu komponen yang sangat penting dan berpengaruh terhadap performa adalah penggunaan ukuran klep motor standar pabrik.

Fungsi Klep Motor

Klep motor merupakan bagian yang kecil. Namun jika komponen ini tidak bekerja dengan baik atau pemasangannya tidak benar, maka dapat menyebabkan tenaga mesin menjadi lemah. Indikasinya adalah motor seperti tidak bertenaga saat digunakan. Setiap motor dilengkapi dengan klep yang sudah disetel sesuai dengan standar pabrik. Jadi jika Kamu ingin menyetelnya, maka sebaiknya gunakan klep yang sesuai dengan ukuran standar pabrik.

Jenis

Mesin motor menggunakan 2 jenis lep yakni klep intake dan exhaust. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda

– Klep Intake berfungsi sebagai jalur untuk suplai campuran bahan bakar dan gas/udara ke dalam ruang pembakaran.

– Klep exhaust berfungsi mengeluarkan emisi atau gas buang dari sisa pembakaran untuk disalurkan melalui knalpot.

Klep intake biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan klep exhaust. Pasalnya suplai campuran antara bahan bakar dan udara yang diperlukan lebih banyak dibandingkan gas emisi dari pembakaran.

Ciri Klep Motor Perlu Disetel Ulang atau Diganti

Klep adalah komponen yang bergerak naik turun secara dinamis saat mesin motor sedang bekerja. Jadi setelan klep sangat mungkin berubah seiring pemakaiannya sehari-hari. Berikut adalah ciri-ciri

– Muncul suara ngelitik saat mesin motor hidup
– Konsumsi bahan bakar lebih banyak
– Performa kendaraan menurun
– Mesin kendaraan lebih cepat panas

Pentingnya Menggunakan Klep Sesuai Standar

Penggunaan klep yang sesuai dengan standar akan memudahkan proses penyetelan celah klep. Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan kembali performa yang optimal. Setiap merek dan tipe motor memiliki ukuran yang berbeda-beda, termasuk Yamaha. Agar tidak salah ketika mengganti klep, berikut ini adalah ukuran sesuai standar pabrik.

Motor Yamaha Klep Out (mm) Klep In (mm) Batang Klep (mm)
Yamaha Vixion 17 19 4,5
Yamaha Vega R 19 21 4,5
Yamaha Vega ZR 20 23 4,5
Yamaha Vega Force 16 26 4,5
Yamaha Crypton 20 23 4,5
Yamaha R15 21 23 4,5
Yamaha R25 19,5 23 4,5
Yamaha Jupiter Z1 21,5 26 5
Yamaha Nouvo 20 23 5
Yamaha Nouvo Z 20 23 5
Yamaha Byson 24 28 5
Yamaha Mio Soul 21 26 5
Yamaha Mio 19 21 5
Yamaha Mio GT 21 26 5
Yamaha Mio J 21 26 5
Yamaha MX 17 19 4,5
Yamaha Xeon 20 23 5
Yamaha Scorpio Z 28 34 5,5
Yamaha Fino 21 26 5
Yamaha Nmax 155 17 19,5 5
Yamaha All New Aerox 17 20,5

Demikian sedikit ulasan mengenai ukuran klep motor Yamaha semua tipe berdasarkan standar pabrik. Otoinfo

40 Juta Bawa Pulang!! Daftar Mobil Bekas Suzuki Karimun 2023

0
40 Juta Bawa Pulang!! Daftar Mobil Bekas Suzuki Karimun 2023

Otoinfo Suzuki Karimun Wagon, mobil perkotaan legendaris Indonesia, telah melalui beberapa generasi yang menarik perhatian. Daftar Mobil Bekas Suzuki Karimun dapat anda cari di marketplace maupun secara online dengan harga terjangkau saat ini.

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja daftar mobil bekas Dari rilisan tertua hingga terakhir, berikut daftar mobil bekas Suzuki Karimun Wagon beserta harganya.

1. Suzuki Karimun Kotak

Generasi pertama, Suzuki Karimun alias Karimun Kotak, memulai kiprahnya pada tahun 1999 hingga 2006. Mobil ini memikat konsumen dengan harga terjangkau dan bodi yang kompak. Saat ini, Suzuki Karimun Kotak dapat ditemukan di laman jual-beli mobil bekas dengan harga sekitar Rp45-60 jutaan.

2. Suzuki Karimun Estilo

Generasi kedua, Suzuki Karimun Estilo, tampil pada periode 2007 hingga 2013. Dengan desain yang lebih modern dan tidak kotak, Karimun Estilo menawarkan pilihan yang menarik. Harganya berkisar mulai dari Rp50-70 jutaan di pasar mobil bekas.

3. Suzuki Karimun Wagon

Generasi terakhir, Suzuki Karimun Wagon, hadir pada tahun 2013 hingga 2022. Mengusung beberapa tipe seperti Wagon R, Wagon R GX, Wagon R GL, Wagon R GA, dan Wagon R GS. 

Mobil ini menggabungkan desain kotak generasi pertama dengan sentuhan minimalis dan modern. Di pasaran mobil bekas, Suzuki Karimun Wagon memiliki harga sekitar Rp70-100 jutaan.

Bagi Anda yang mencari mobil bekas dengan harga terjangkau, performa handal, dan desain yang beragam, Suzuki Karimun Wagon adalah pilihan yang patut dipertimbangkan. Jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang potongan sejarah otomotif Indonesia ini. Otoinfo.

Dibanderol Rp24 Jutaan! Honda BeAT 150 Tampil Lebih Segar

0
Makin Canggih! Honda BeAT 150 CC Siap Rilis di 2024!

Otoinfo Kabar mengenai kehadiran Honda BeAT 150 di Indonesia memberikan semangat baru bagi para penggemar motor matic. Motor andalan yang dikenal super irit ini akan mengalami perubahan signifikan pada tampilan, spesifikasi, dan fitur baru.

Untuk anda yang penasaran dengan skutik terbaru Honda yang satu ini, mari simak pembahasan berikut mengenai apa saja keunggulan dari BeAT 150 2024 mendatang!

Tampilan Lebih Fresh, Mesin Lebih Bertenaga

Honda BeAT 150 ini merupakan inovasi terbaru dari pabrikan Honda dalam segmen motor matic. Motor yang telah memiliki basis penggemar setia ini akan hadir dengan desain yang lebih keren dan menarik dibandingkan model sebelumnya. Tak hanya itu, mesinnya juga mengalami peningkatan dari 110 cc menjadi 150 cc, sejalan dengan mesin yang pernah digunakan pada Honda Vario 150.

Fitur Modern untuk Kenyamanan Berkendara

Berita baik bagi pecinta teknologi pada kendaraan, BeAT 150 akan membawa sejumlah fitur modern. Fitur-fitur tersebut termasuk keyless entry, USB charger, rem cakram, lampu LED, dan Idling Stop System (ISS). Semua fitur ini dihadirkan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengendara dalam penggunaan sehari-hari.

Suspensi dan Rem Tetap Handal

Meskipun mengalami inovasi pada tampilan dan mesin, BeAT 150 tetap mempertahankan kehandalan suspensi dan sistem rem. Suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang single shock masih menjadi pilihan, sementara roda didukung oleh rem cakram Combi Brake System (CBS).

Harga Honda BeAT 150 dan Waktu Peluncuran

Rumor mengenai peluncuran BeAT 150 generasi terbaru ini menyebutkan bahwa motor ini akan resmi hadir di pasar Indonesia pada awal tahun baru mendatang. Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari pabrikan, harga yang beredar adalah sekitar Rp24 jutaan. Pecinta Honda BeAT diharapkan bersabar menunggu konfirmasi resmi dari Honda terkait hal ini. 

Dengan segala inovasi dan perubahan yang dihadirkan pada Honda BeAT 150 terbaru, tampaknya pabrikan Honda telah merespons kebutuhan pasar dengan memberikan sentuhan yang segar dan meningkatkan performa mesin. Pecinta motor matic dapat mengantisipasi pengalaman berkendara yang lebih memikat dengan fitur-fitur modern dan tampilan yang menarik. Otoinfo.

Makin Sporty!! Intip Kecanggihan Honda Civic Type R

0
Makin Sporty!! Intip Kecanggihan Honda Civic Type R

Otoinfo Honda Civic Type R adalah mobil sport yang memukau dengan kombinasi performa tinggi, desain sporty, dan teknologi canggih. Tidak hanya itu, mobil yang satu ini juga memiliki berbagai fitur yang pastinya akan membuat pecinta mobil sport terpukau. 

Untuk Anda yang penasaran dengan mobil tersebut, Mari simak pembahasan berikut tentang review Honda Civic dengan segala kecanggihan dan keunggulannya! 

Review Honda Civic Type R 

Honda Civic versi sport ini merupakan mobil impian para anak muda yang memiliki berbagai keunggulan. Mulai dari desain yang cukup elegan, fitur canggih, serta kenyamanan dalam berkendara. 

Tidak hanya itu, mobil ini juga memiliki beberapa nilai lebih yang membuat para anak muda semakin menginginkannya. Berikut ada beberapa hal yang menjadi nilai tambah dari Honda Civic tersebut :

1. Performa Mengagumkan dengan Mesin Turbocharged 2.0 Liter

Dilengkapi dengan mesin turbocharged empat silinder 2.0 liter, Civic Type R menghasilkan tenaga yang menggemparkan. Transmisi manual enam percepatan memberikan akselerasi cepat dan responsif, sementara sistem pengereman Brembo canggih memberikan kontrol luar biasa, bahkan pada kecepatan tinggi.

2. Desain Eksterior Sporty yang Memukau

Tampil dengan desain eksterior sporty dan agresif, Civic Type R memiliki spoiler belakang besar, gril depan bergaya panjang, dan aksen aerodinamis. Desain ini tidak hanya menambah daya tarik visual, tetapi juga meningkatkan stabilitas dan traksi saat melaju pada kecepatan tinggi.

3. Teknologi Canggih di Dalam Kabin

Interior Civic Type R dilengkapi dengan teknologi terkini, termasuk layar sentuh berukuran besar dengan sistem infotainment Honda yang intuitif. Fitur-fitur keamanan mutakhir, seperti sistem peringatan tabrakan dan pengereman otomatis darurat, memberikan rasa aman ekstra kepada pengemudi dan penumpang.

4. Kinerja Unggul di Tikungan-Tikungan Tajam

Sistem suspensi yang ditingkatkan dan kemudi yang responsif membuat Civic Type R sangat lincah di tikungan-tikungan tajam. Pengemudi dapat merasakan setiap jalan dan tikungan dengan presisi luar biasa, memberikan pengalaman mengemudi yang mengasyikkan dan memuaskan.

5. Kenyamanan dan Kualitas Bahan yang Superior

Meskipun mobil sport, Honda Civic Type R tetap memprioritaskan kenyamanan. Kursi balap ergonomis, pelapis premium, dan kualitas bahan interior yang superior menciptakan lingkungan yang nyaman dan mewah di dalam kabin. Pengemudi dan penumpang dapat menikmati perjalanan jauh dengan kenyamanan maksimal.

Dengan kombinasi performa tinggi, desain yang memukau, dan teknologi canggih, Honda Civic Type R menjadi pilihan sempurna bagi pengemudi yang mencari kesempurnaan dalam setiap perjalanan.Otoinfo.

Pentingnya Memahami RON Adalah? Ketahui tentang Angka Oktan

0
Pentingnya Memahami RON Adalah? Ketahui tentang Angka Oktan
Pentingnya Memahami RON Adalah? Ketahui tentang Angka Oktan

Otoinfo – Belum lama ini, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) telah membuat istilah RON atau Research Octane Number menjadi ramai diperbincangkan oleh kalangan masyarakat. Yang menjadi pertanyaan disini adalah, apa sebenarnya RON pada kendaraan Yamaha maupun merek lain hingga banyak orang yang membicarakannya? Nah, bagi kamu yang penasaran mengenai RON adalah istilah apa hingga dikaitkan dengan kenaikan BBM, maka bisa simak informasi yang akan kami bahas berikut ini.

Ron adalah

Sebagai informasi penting, bahwa di Indonesia sendiri bahan bakar bensin memiliki nilai oktan atau RON tertentu. Bisa kita ambil contoh yakni Pertamax Turbo yang memiliki RON 98, Pertamax yang memiliki RON 92 dan Pertalite yang memiliki RON 90. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan adalah, apa itu RON sendiri?

Dikatakan dalam hal ini, bahwa RON adalah ukuran stabilitas bahan bakar. Dimana angka oktan pada bahan bakar yakni merupakan suatu bilangan yang menunjukkan seberapa tinggi tekanan yang akan diberikan sampai pada akhirnya bahan bakar akan terbakar secara spontan. Adanya campuran udara dan bensin nantinya akan ditekan oleh piston hingga dengan volume yang sangat kecil kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi.

Menurut informasi, dalam mengenal arti RON atau angka oktan pada bahan bakar ini dikatakan bahwa semakin tinggi nilai oktan pada bahan bakar, maka akan semakin baik kualitasnya. Dalam hal ini sangat penting untuk mengetahui berapa nilai oktan yang pas untuk kendaraan. Hal ini lantaran pembakaran yang tidak sempurna akan menimbulkan kerak. Tidak hanya itu, pembakaran yang kurang sempurna justru berdampak terhadap tingginya biaya perawatan kendaraan dan menyebabkan harga jual turun karena mesin sering bermasalah.

Cara menentukan angka oktan atau RON adalah

Setelah tadi kita mengenal arti RON atau angka oktan pada bahan bakar, maka selanjutnya kita akan membahas seputar cara menentukan angka oktan itu sendiri. Pada dasarnya, nilai oktan campuran didasarkan pada rasio dua senyawa kimia, iso-oktana yang memiliki struktur dan sifat yang berbeda. Dimana iso-oktana murni memiliki peringkat 100 dan n-heptana memiliki peringkat nol.

Sehingga bisa disimpulkan disini, bahwa RON nilai oktan angka oktan adalah campuran dengan kadar 90 persen iso-oktana serta 10 persen n-heptana, yang mempunyai nilai oktan 90. Apabila semakin tinggi angka oktan, maka akan semakin banyak kompresi dari piston yang bisa ditahan bahan bakar sebelum mesin menyala.

Lebih lanjut disini, daftar BBM dan nilai angka oktan sendiri memiliki perbedaan di berbagai jenis bensinnya di antaranya yakni sebagai berikut :

Pertamax Racing : nilai oktan minimal 100 dan khusus digunakan untuk kendaraan balap dan kendaraan berkompresi mesin lebih tinggi dari 13:1.
Pertamax Turbo : nilai oktan 98 dengan kadar sulfur rendah sehingga tidak merusak kualitas udara.
Pertamax : nilai oktan minimal 92 berstandar internasional yang direkomendasikan untuk kendaraan berkompresi 10:1 sampai 11:1 atau kendaraan dengan teknologi setara Electronik Fuel Injection (EFI).
Pertalite : memiliki angka oktan BBM di Indonesia 90 dan digunakan oleh kendaraan dengan kompresi 9:1 sampai dengan 10:1. Otoinfo

Ini Dia Penyebab Tangki Motor Berkarat

0
Ini Dia Penyebab Tangki Motor Berkarat
Ini Dia Penyebab Tangki Motor Berkarat

Otoinfo – Bagi Anda yang punya motor, pernahkah Anda mengecek apakah kondisi tangki bersih atau malah berkarat? Masalah tangki motor berkarat rupanya jarang disadari oleh para pemilik kendaraan dan sering kali baru ketahuan begitu ada masalah pada motornya.

Mengapa bisa begitu, ya? Rupanya, karat pada tangki motor bisa menyebabkan bahan bakar yang ada di dalamnya tercemar oleh karat. Akibatnya, mesin jadi sulit dinyalakan dan bahkan kendaraan bisa jadi tidak bisa dinyalakan sama sekali jika masalahnya sudah sangat parah.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena sebenarnya masalah tangki motor berkarat ini bisa Anda cegah. Dan untuk mencegahnya, Anda perlu ketahui dulu apa saja penyebab tangki motor berkarat.

Penyebab Tangki Motor Berkarat

Kalau begitu, apa saja ya penyebab tangki motor berkarat? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini.

1. Tidak pernah mengisi tangki motor sampai penuh.

Bagi Anda yang sering membiarkan tangki motor tidak terisi penuh, Anda perlu segera ubah kebiasaan ini. Karena ternyata, bagian tangki air yang tidak terisi bahan bakar justru rentan berkarat. Hal ini dikarenakan sifat bensin yang dapat menguap. Nah, uap tersebut dapat memicu korosi alias karat pada permukaan tangki yang tidak terisi alias kosong. Oleh karena itu, selalu usahakan agar tangki motor selalu terisi agar tidak mudah berkarat.

2. Tangki motor kemasukan air.

Untuk motor yang tangki bahan bakarnya ada di luar jok, risiko ini paling sering mengintai. Biasanya, air masuk melalui celah karena tangki tidak ditutup dengan rapat sehingga menyebabkan karat. Karenanya, selalu pastikan bahwa tutup tangki motor Anda tertutup rapat, terutama selama musim hujan.

Dan bagi Anda yang sering mencuci kendaraan di luar, ada satu tips cara merawat tangki motor yang perlu Anda perhatikan. Sampaikan pesan kepada petugas pencuci motor untuk tidak menyemprotkan air terlalu kencang pada bagian sekitar tangki. Soalnya, semprotan menggunakan mesin yang tekanannya terlalu tinggi dan kencang juga meningkatkan risiko air masuk lewat celah tutup tangki.

Cara Membersihkan Karat Tangki Motor

Bagaimana jika tangki sudah terlanjur berkarat? Apakah ada cara membersihkan tangki motor berkarat yang masih bisa dilakukan?

Sebenarnya, Anda bisa serahkan tugas ini kepada bengkel untuk membantu cara membersihkan tangki karatan yang benar. Akan tetapi, sebenarnya ada juga beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sendiri seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Persiapan:

Pertama, siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan, seperti:

– Selang diameter 2,5 mm dan panjang 1-1,5 m,
– Wadah penampung bensin,
– Amplas halus,
– Kain pembersih,
– Obeng,
– Cairan HCL (asam klorida).

Kuras bensin:

Keluarkan bensin dari dalam tangki menggunakan selang dan tampung ke wadah yang sudah disiapkan.

Bongkar tangki:

Setelah tangki kosong, gunakan obeng untuk membongkar tangki motor. Dalam panduan cara membersihkan tangki motor berkarat ini, proses inilah yang paling sulit sehingga tutorial ini sebaiknya dilakukan hanya jika Anda memang benar-benar paham soal motor.

Cuci tangki yang berkarat:

Tentu saja pencucian tangki yang berkarat dilakukan bukan pakai air, tapi pakai bensin. Caranya adalah dengan mengusap permukaan yang berkarat dengan kain sampai karatnya rontok. Bensin yang digunakan baiknya bensin yang masih baru (bukan bensin dari tangki sebelumnya). Soalnya, bensin baru masih belum tercampur kontaminan sehingga lebih efektif untuk merontokkan karat.

Gunakan cairan asam klorida:

Kalau sudah, isi tangki motor sampai penuh dengan cairan asam klorida (alternatifnya, Anda bisa gunakan cuka). Lalu tunggu sampai kira-kira 4-5 jam dan kuras cairannya sampai bersih menggunakan bensin. Cek kembali apakah semua karat sudah hilang.

Amplas karat membandel:

Apabila masih ada karat yang tersisa setelah mengikuti langkah-langkah di atas, singkirkan dengan amplas halus. Selain membantu mengangkat karat membandel, amplas halus juga tidak berisiko merusak tangki. Pastikan juga bahwa Anda mengamplas bagian yang berkarat secara perlahan dan dalam satu arah saja (bukan digosok ke banyak arah).

Cuci dan keringkan tangki:

Setelah tangki benar-benar bersih, cuci sampai bersih dengan air. Anda juga bisa tambah detergen agar lebih bersih. Setelah itu, keringkan tangki di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering dan tidak ada sisa air. Kalau sudah yakin kering, lap permukaannya dengan kanebo setelah Anda jemur untuk memastikan bahwa tangki memang sudah kering. Otoinfo

Apa itu Deltabox Yamaha? Teknologi Inovatif Performa Optimal

0
Deltabox Yamaha, Teknologi Frame Inovatif Performa Optimal
Deltabox Yamaha, Teknologi Frame Inovatif Performa Optimal

Otoinfo – Sasis deltabox adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi, kinerja, dan kestabilan pada sebuah kendaraan. Teknologi ini menggabungkan desain delta (sebuah bentuk tiga sisi) dengan struktur box untuk menciptakan konstruksi yang kuat, namun ringan. Struktur ini mampu menahan beban tambahan seperti suspensi, mesin, dan bagasi, serta mencegah kendaraan agar tidak mudah goyah saat melalui jalanan berbelok. Deltabox juga memiliki konstruksi yang kompak, sehingga membantu untuk mengurangi biaya produksi dan meningkatkan nilai jual kendaraan.

Sejarah Deltabox

Perjalanan tersebut dimulai pada tahun 1982 di mana Yamaha memperkenalkan hal baru di motor Yamaha YZR500 OW61 berupa mesin V4 pertama. Model inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya deltabox. Frame tersebut diembangkan oleh Antonio Cobas, insinyur asal Spanyol. Beliau menggunakan frame tersebut pada Maserati Tipo 61.

Apa Itu Deltabox

Deltabox adalah frame tubular aluminium yang dikembangkan oleh Yamaha untuk kendaraan mereka. Frame ini pertama kali digunakan pada Yamaha TZR125 pada tahun 1987. Deltabox telah menjadi ciri khas Yamaha sejak saat itu dan telah dipasangkan pada hampir semua motor mereka, mulai dari motor matic hingga superbike.

Pada tahun 1992, Yamaha mengembangkan rangka Deltabox II yang lebih ringan dan lebih kuat. Deltabox II juga memiliki desain yang lebih baik, yang membuat motor lebih responsif, lebih stabil, dan lebih mudah dikendalikan. Semenjak itu, Yamaha terus melakukan pengembangan pada frame tubular aluminium mereka dan telah menggunakan versi terbaru – Deltabox III – pada berbagai motor mereka.

Kenapa Yamaha Menggunakan Deltabox?

Deltabox telah menjadi teknologi paten yang dikembangkan oleh Yamaha untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih responsif dan stabil. Teknologi ini menggunakan frame yang kokoh dan kuat yang berbentuk seperti huruf delta untuk memberikan stabilitas yang lebih baik. Hal ini juga dapat membantu meredam getaran yang dapat menyebabkan kenyamanan berkendara yang lebih baik.

Dengan frame ini misalnya vixion deltabox, motor Yamaha dapat menghasilkan kinerja yang lebih tinggi, karena ketika roda menjalani gaya sentrifugal, frame mampu mengimbangi gaya yang menimbulkan gaya putar di sekitar mesin. Teknologi ini juga memungkinkan pengendara untuk menikmati pengalaman berkendara yang lebih responsif, karena frame ini dapat mengimbangi gaya dan putaran mesin dengan lebih baik.

Teori dasar Deltabox sebenarnya dilandasi oleh desain segitiga yang lebih rigid dibandingkan model persegi. Deltabox membentuk garis diagonal dari steering head ke swingarm. Dengan model seperti ini, mesin dapat menggantung dan memberi kesan frame yang menjaga engine di dalamnya.

Fungsi Deltabox Yamaha

Deltabox adalah teknologi yang digunakan oleh pabrikan Yamaha untuk membuat rangka motor. Teknologi ini menggabungkan sisi luar dan sisi dalam dari motor dengan menggunakan pelat alumunium yang disebut “deltabox”. Pelat alumunium ini dibentuk dengan menggunakan mesin CNC (Computer Numerical Control) dan diperkuat dengan baut dan penyambungan logam. Teknologi ini akhirnya menghasilkan rangka yang kokoh dan kuat dengan desain yang ringan dan modern. Deltabox juga membantu meningkatkan kinerja dan handling motor.

Keunggulan Rangka Sasis Deltabox

Ringan: Kerangka deltabox terbuat dari bahan baja karbon yang lebih ringan daripada baja biasa. Hal ini memungkinkan motor menjadi lebih mudah dipindahkan dan dikendalikan, serta memberikan keuntungan berat yang signifikan.

Kuat: Dengan desainnya yang unik, kerangka deltabox memiliki kekuatan yang luar biasa dan resistensi terhadap perubahan gaya. Hal ini memastikan bahwa motor tetap kuat dan stabil saat digunakan.

Tahan lama: Kerangka deltabox tahan lama karena bahan baja karbon yang digunakan adalah bahan yang kuat dan tahan lama. Hal ini memastikan bahwa motor tidak akan mengalami kerusakan jangka panjang.

Estetika: Desain unik dan kokoh dari kerangka deltabox membuat motor tampak lebih berkelas dan modern. Hal ini meningkatkan daya tarik motor secara visual dan meningkatkan nilai jualnya.

Demikian sedikit informasi mengenai apa itu deltabox Yamaha dan perjalanan sejarah kerangka tersebut. Selain Yamaha beberapa brand lainnya juga sudah menggunakan deltabox pada produknya misalnya Kawasaki pada deltabox klx dan juga Honda yang menggunakannya pada CBR. Otoinfo