Paling Fatal! 4 Efek Samping Kehabisan Bahan Bakar Pada Motor Injeksi

Bisa Berakibat Fatal Jika Sampai Kehabisan Bahan Bakar

Otoinfo.id-Untuk motor injeksi tidak boleh sering mengalami kehabisan bahan bakar, itu dapat berpengaruh pada kinerja komponen penting dalam kendaraan. Jika sering kehabisan bahan bakar maka akan menimbulkan beberapa efek samping. Jangan menyepelekan hal ini karena bisa berakibat fatal jika kehabisan bensin menjadi salah satu kebiasaan. Apa efek sampingnya? Yuk, simak penjelasannya.

Baca juga : Jangan Sampai Menyesal, Inilah Pentingnya Kick Starter Saat Memanaskan Motor Injeksi!

1. Motor menjadi sulit di hidupkan kembali

Inilah efek samping yang pertama. Bagi para pengguna sepeda motor keadaan ini  tentunya akan sangat merepotkan. Hal ini terjadi karena adanya gangguan atau sumbatan pada pompa bensin yang di sebabkan oleh adanya kotoran pada tangki bensin yang terhisap kedalam ketika tangki dalam keadaan kosong.

Jika motor sulit dihidupkan, ada beberapa cara yang dapat menjadi solusi serta dapat sobat lakukan agar motor kembali mudah di hidupkan dengan langkah berikut ini :

    1. Isilah bensin sampai tiga per empat dari kapasitas tangki bensin
    2. Posisikan sepeda motor dengan menggunakan standar tengah
    3. Biarkan terlebih dahulu, tunggu selama kurang lebih 5 menit
    4. Kemudian nyalakan sepeda motor seperti biasa. Jika tidak bisa menyala menggunakan starter elektrik, maka gunakanlah starter manual (Kick Starter)

2. Kerusakan Pompa Bensin

Jika sepeda motor injeksi sering kehabisan bensin maka kinerja pompa akan lebih berat. Kinerja yang berat serta adanya kotoran yang dapat berkembang menjadi kerak karat dapat menjadi pemicu kerusakan pompa bensin sepeda motor injeksi. Jadi, jangan sampai kehabisan bensin menjadi kebiasaan, karena pompa bensin itu sendiri menjadi peranan penting dalam sistem bahar bakar kendaraan. Fungsinya pun sangat fital yaitu untuk menyalurkan bensin kedalam ruang pembakaran dari tangki bensin.

Baca juga : Tak Perlu Repot, Ini Cara Ampuh Bersihkan Rantai Dan Gir Motor Dalam 3 Menit

3. Mesin jadi mogok sesaat

Inilah Akibat yang terjadi dan paling akan dirasakan langsung ketika sepeda motor injeksi kehabisan bahan bakar. Kondisi mesin akan mengalami mogok sesaat akibat tidak adanya pasokan bahan bakar ke dalam ruang pembaharan sehingga tidak akan menghasilkan tenaga yang dibutuhkan motor.

4. Membuat tidak nyaman bagi pengendara

Inilah efek yang paling dirasakan seat kendaraan sudah kehabisan bahan bakar sehingga harus mendorong sampai menemukan tempat yang menjual bahan bakar untuk mengisikannya kembali ke dalam tangki motor agar motor dapat di gunakan kembali. Tentunya kendisi tersebut sangat menyusahkan dan juga menimbulkan keadaan yang kurang nyaman bagi pengendaranya.

Untuk mencegah masalah teknis yang besar  maka selalu lakukan perawatan motor injeksi dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat! TaufikNR